Pengguna microbloggers paling banyak di China

Leave a comment

Oct 10, 2012 @ 9:44 by tanya gooogle

China memiliki angka pengguna microbloggers terbesar di dunia, kata sebuah laporan terbaru tentang perkembangan media baru di negara itu.

Laporan, yang diterbitkan oleh the Social Sciences Academic Press annually setiap tahunnya yang mengatakan bahwa sekitar 274 juta orang China memiliki akun microblog pada bulan Juni tahun ini.

Jumlah microbloggers meningkat tajam dari sekitar 63 juta pada 2010, kata laporan yang dikeluarkan oleh tim ahli ilmu sosial dipimpin oleh Yin Yungong, direktur the Institute of the Journalism and Communication of the Chinese Academy of Social Sciences.

Microblogging telah menjadi saluran penting bagi orang-orang Tionghoa untuk mengekspresikan diri, terutama tentang isu-isu publik, katanya.

Hal ini juga menjadi saluran komunikasi yang mudah dan murah antara pemerintah dan warga negara, kata laporan itu. Pada Sina Weibo, layanan microblogging terkemuka, 18.132 akun telah didaftarkan oleh departemen Partai dan pemerintah dan pejabat pada Oktober lalu.

Jaringan sosial seperti microblogging telah mulai mengatur agenda pendapat publik dan emosi masyarakat yang terkena dampak dalam beberapa insiden, seperti kecelakaan kereta berkecepatan tinggi dekat Wenzhou, di China timur Provinsi Zhejiang, pada Juli tahun lalu, kata laporan itu.

Pemerintah telah menyadari pengaruh jaringan sosial dan lebih berupaya dalam bekerja sama dengan mereka, katanya.

Penelitian oleh penulis melaporkan dari bulan Juli sampai Desember tahun lalu menunjukkan bahwa pihak berwenang menanggapi sekitar 71,9 persen dari isu-isu yang dibahas secara luas oleh microbloggers dan 50,4 persen dalam waktu 24 jam.

Selain microblogging, pesan instan juga populer dengan orang-orang Cina dan telah diambil alih mesin pencari, musik dan berita menjadi aplikasi online yang paling populer, kata laporan itu. Ia menambahkan bahwa sekitar 415 juta di China menggunakan aplikasi pesan instan.

Laporan tersebut memperingatkan bahwa undang-undang yang berkaitan dengan media baru telah tertinggal di belakang perkembangan mereka. Masih belum ada hukum yang mengkhususkan diri di Internet dan artikel terkait banyak undang-undang yang ada perlu revisi, tambahnya.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa Cina bekerja di luar strategi nasional tentang perkembangan media baru dan menemukan cara untuk mengelola itu.

Jumlah pengguna internet di China naik 10,9 persen tahun ke tahun untuk 538 juta pada akhir Juni, yang berarti bahwa empat dari sepuluh orang mengakse internet di Cina, menurut angka dari CINIC.

Diperkirakan bahwa pada tahun 2015 Cina akan mempunyai pengguna internet lebih dari 800 juta, seperempat di antaranya akan datang dari pedesaan, kata laporan itu.

China harus menempatkan dirinya dalam posisi yang lebih aktif dalam pengembangan Internet dan membayar lebih banyak perhatian untuk melindungi kepentingan dan keamanan di ruang cyber, kata laporan itu.

 

 

Sumber: http://bit.ly/SNYrUJ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: