Ini Cara Mereka Mempopulerkan Batik

Leave a comment

Oct 3, 2012 @ 14:45 by tanya gooogle

Tangan-tangan lembut para perajin batik, kini bisa menggenggam kuat sebagai tanda kemenangan. Mereka menikmatinya sejak tiga tahun lalu, saat warisan seni ini dikukuhkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia. Terlepas dari ini, para perajin terus menelurkan karya-karya indah mereka. Hadir memenuhi pasar Indonesia, dan bahkan dunia.

Peringatan Hari Batik Nasional kemarin (2/10) pun, dirayakan hangat oleh hampir semua lapisan masyarakat kita. Mereka memakai batik karena mencintai tradisi bangsa, dan juga sebagai bentuk dukungan pelestarian batik yang popularitasnya sempat meredup.

Sebenarnya, batik mulai “hidup” kembali sejak awal tahun 2000an. Mulai memenuhi sudut perbelanjaan, dan mengisi setiap acara-acara resmi. Batik tidak lagi berupa kain kuno, tapi menjadi karya kontemporer penambah gaya. Para desainer pun turut mengambil peranan.

Tidak saja almarhum Iwan Tirta, desainer legendaris yang identik dengan batik. Virus batik pun menyebar pada desainer-desainer generasi muda yang mampu mengemas karya dengan gaya muda mereka. Sebut saja Oscar Lawalata yang sempat berkolaborasi dengan desainer aksesoris mancanegara. Atau Lenny Agustin yang membawa batik ke negeri Sakura.

Pamor batik pun naik ke tingkat Internasional, bahkan mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, demikian jatuh cinta pada kain ini. Ia selalu membalut tubuhnya dengan batik di setiap acara. Sejumlah selebriti papan atas pun juga tergiur. Jessica Alba, Nichole Richie, Rachel Bilson, dan sederet lainnya, mereka juga menjajal batik untuk mempercantik penampilannya.

Selebritas Dunia Pakai Batik

Bagaimana dengan Anda, apakah juga mengenakan batik di hari kemarin? Beberapa pembaca VIVAlife pun membagikan foto tentang bagaimana mereka merayakan Hari Batik. Mungkin Anda salah satunya!

VIVAbatik

Hari Batik kemarin hanya sekelumit kemeriahan batik di sekitar kita, Anda juga bisa terus mengenakan batik pada setiap kesempatan.

VIVAbatik
Atau mungkin Anda ada di sini! Silahkan menularkan virus batik pada pembaca yang lain.

VIVAbatik

 

Sumber: http://bit.ly/SDdif6

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: