Ancaman 2 Tahun Penjara untuk Download Musik Bajakan

Leave a comment

Oct 3, 2012 @ 10:20 by tanya gooogle

Pemerintah Jepang siap meresmikan undang-undang terkait hak kekayaan intelektual. Siapapun yang terbukti mendownload konten ilegal di sana, akan diancam hukuman 2 tahun penjara.

Sejak tahun 2010 di Jepang sudah diputuskan bahwa download konten secara ilegal merupakan pelanggaran hukum. Tapi saat itu belum ada aturan yang diberlakukan, hukuman hanya dijatuhkan kepada pengupload konten dengan ancaman 10 tahun penjara dan denda maksimal 10 juta Yen atau sekitar Rp 1,2 Miliar (kurs Rp 122).

Namun mulai tanggal 1 Oktober 2012 nanti, Jepang mulai memberlakukan ancaman 2 tahun penjara dan denda maksimal 2 juta Yen (Rp 245 juta) bagi siapapun yang terbukti mengunduh konten ilegal,

Hukuman tersebut ditetapkan atas ajuan Asosiasi Industri Rekaman Jepang yang meyakini, jumlah konten ilegal yang didownload jauh lebih banyak dibanding dengan konten yang resmi. Sekitar 10 banding 1.

Dengan ditetapkannya aturan tersebut Jepang berharap dapat mengikuti kesuksesan Korea Selatan soal meredam konten bajakan. Di negeri Gingseng itu aturan soal mengunduh musik ilegal sudah diberlakukan sejak 2007, dan terbukti membantu perkembangan industri lokal hingga saat ini.

Jepang mungkin bukan negara yang paling dirugikan akibat pembajakan. Berdasarkan data International Federation of the Phonographic Industry (IFPI), China menduduki posisi puncak dengan angka pembajakan mencapai 99%.

“Pada tahun 2010 penjualan musik di China secara keseluruhan hanya senilai USD 67 juta, membuatnya menjadi pasar yang lebih kecil dibanding Irlandia,” tulis laporan IFPI.

 

Sumber: http://bit.ly/QDeb7j

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: