Ia Salah Satu Pemilik “Otak Komputer” di Dunia

Leave a comment

Sep 25, 2012 @ 9:14 by tanya gooogle

Mari kita melakukan uji memori. Apakah Anda masih bisa mengingat kejadian satu minggu lalu secara detail? Atau satu tahun lalu? Beberapa dari kita mungkin masih ingat, hanya saja tidak mendetail.

Namun, berbeda dengan Aurelien Hayman. Ia tidak hanya dapat mengingat apa yang ia lakukan, ia juga dapat memberitahu Anda apa yang ia kenakan, apa yang ia makan, apa yang ada di berita televisi, dan bahkan bagaimana cuaca yang terjadi.

Pria berusia 20 tahun ini adalah salah satu dari segelintir orang di dunia denganhyperthymesia, atau memori autobiografi yang sangat unggul. Hal ini tentu sangat luar biasa, karena sebagian besar orang hanya akan mengingat tidak lebih dari 11 peristiwa dari setiap tahun kehidupan mereka.

Informasi mengenai percakapannya, acara televisi yang ia saksikan dan bahkan ia mendengar lagu apa, adalah bagian dari ingatan Aurelien yang menakjubkan. Sementara Aurelien menggambarkan kenangan awal masa kecilnya sebagai ‘ingatan samar’ seperti orang lain, hal-hal tersebut ternyata mulai berubah saat ia berusia sekitar 11 tahun.

“Ini bukan sesuatu yang saya sadari dalam semalam, tapi ketika saya berumur 14 tahun saya menemukan bahwa saya dapat mengingat cukup baik beberapa hal yang telah terjadi bertahun-tahun sebelumnya,” ucapnya.

Saat ini, ketika ditanya mengenai tanggal acak pada 1 Oktober 2006, misalnya, Aurelien ingat saat itu hari Minggu yang berawan, ia mendengarkan lagu ‘When You Were Young’dari The Killers, dan hari itu ia mengajak seorang gadis untuk kencan namun ditolak.

Bukan hanya itu, tapi Aurelien juga ingat bahwa pada hari Sabtu ia mengenakan t-shirt biru dan melihat gadis yang akan menolak ajakan kencannya di pusat kota, dan bahwa pada hari Kamis ada pemadaman listrik di rumahnya.

Hanya 20 orang di dunia yang telah didiagnosa dengan hyperthymesia, dan dari orang-orang tersebut Aurelien adalah satu-satunya orang Inggris. Kemampuan mengingatnya bukan diturunkan secara genetik.

Rata-rata orang menyimpan informasi seperti tanggal dari memori jangka panjang mereka di lobus frontal otak sebelah kanan. Aurelien melakukan hal yang sama, tetapi dalam jangka panjang kapasitas memori yang dimilikinya meningkat karena ia juga menggunakan lobus frontal kiri. Yang biasanya berkaitan dengan bahasa, dan daerah oksipital di bagian belakang otak, biasanya digunakan untuk menyimpan gambar. Dan semua ini tampaknya terjadi secara sadar.

“Tidak ada metode atau teknik untuk melakukan itu. Saya tidak menyadari bahwa kenangan saya sedang dikodekan. Rasanya seperti dapat mengakses sesuatu di lemari arsip yang sangat cepat. Ini seperti setiap tanggal memiliki gambar yang berbeda. Ini adalah proses yang sangat visual, karena terdapat urutan gambar,” ucap mahasiswa jurusan Sastra Inggris Universitas Durham tersebut.

Ia juga menegaskan memorinya yang luar biasa tersebut tidak memberinya keuntungan saat sedang mengerjakan ujian atau esai.

 

Sumber: http://bit.ly/RSnFRp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: