Bulan Madu Romantis di Kota Solo

Leave a comment

Sep 25, 2012 @ 9:18 by tanya gooogle

 

Mendengar kata Solo, apa yang terbayang di benak pertama kali? Memang, kota kecil di Jawa Tengah ini akhir-akhir ramai diperbincangkan terutama soal politik. Namun, di luar itu, Solo memang menarik untuk dibicarakan terutama soal makanan dan tempat wisatanya.

Solo juga tidak jauh dari Jakarta. Hanya 40 menit via langit.  Nah, untuk “meremajakan” cinta saya dan suami, kami sepakat untuk bulan madu romantis ke kota ini. Supaya mudah, saya memesan tiket dan hotel via www.gonla.com. Sekali klik dan transfer via ATM, tiket pesawat dan voucher hotel sudah ada di tangan.

Setiba di sana, sudah pasti kami harus berwisata kuliner. Nasi liwet, timlo, selat solo, tengkleng, wedangan, abon varia, sampai toko Roti Orion sudah ada dalam daftar. Karena tiba sudah malam, Nasi liwet Wongso Lemu langsung jadi sasaran. Di sepanjang Jalan Keprabon ini berderet penjual nasi liwet yang semuanya bermerek Wongso Lemu. Namun, saya hanya mencari warung dengan foto Bu Wongso Lemu yang terpajang di dinding warungnya. Inilah warung Wongso Lemu yang asli.

Nasi pulen yang hangat ditaruh di pincuk daun pisang. Di atasnya disertakan juga sayur lodeh labu siam, telur pindang, ayam opor, dan areh. Ditemani oleh kerupuk rambak. Hanya satu kata saat sendok menyentuh lidah: gurih dan sedap!

Nasi liwet, makanan khas Solo - Gonla

Bukan hanya nasi liwet yang bikin kami berdua kangen Solo. Timlo Sastro di Jalan Pasar Gede Timur harus kami kunjungi juga. Hari Minggu usai jalan-jalan berbelanja oleh-oleh, kami makan siang di sini. Untung saja kami bergegas, karena terlambat sedikit, kami pasti tak kebagian timlo yang sudah buka sejak tahun 1952 ini.

Sepiring timlo tiba di meja. Isinya jeroan ayam, hati dan ampela ayam, telur ayam yang disemir hingga berwarna kecokelatan, potongan daging ayam, dan sosis Solo. Disiram kuah berwarna bening mirip seperti kuah sup. Makanya, banyak yang menjuluki timlo adalah gabungan antara sup dan soto.

Candi dengan Relief Syur di Gunung Lawu 

Selain jalan-jalan di seputaran Kampung Laweyan melihat dan belanja batik, eksotisme Keraton Surakarta juga bikin kami jatuh cinta pada Solo. Keraton Surakarta dibangun oleh Sultan Pakubuwono II pada tahun 1745. Keraton ini merupakan istana Kerajaan Mataram menyusul perjanjian Giyanti, perjanjian yang dibuat oleh VOC untuk memecah belah Kesultanan Solo dan Mangkunegaran. Pengaruh mistis masih kuat di seputaran Keraton ini.

Salah satunya, saya ditunjukkan oleh tour guide yang mengantar kami, sebuah menara di halaman depan Keraton yang diyakini sebagai tempat pertemuan antara Sultan Pakubuwono II dan Ratu Laut Selatan, Nyi Roro Kidul. Berada di menara tersebut, saya seolah menangkap sosok penguasa Laut Selatan sedang bercengkrama dengan sang raja.

Keraton dengan tujuh pelataran dan tujuh gerbang ini juga memajang beragam koleksi mereka. Seperti topeng, wayang, lukisan, patung tembaga, dan kereta kuda kerajaan. Juga  benda-benda sakral seperti Kyai Rajamala, ukiran hiasan perahu kerajaan, dan Sumur Songo, dua buah sumur yang menyatu yang pernah digunakan oleh Pakubuwono IV untuk bermeditasi.

Keraton di Solo - Gonla

Sightseeing dilanjutkan menuju pinggiran Solo, yaitu ke daerah Gunung Lawu. Di perbatasan antara Kabuapten Karanganyar dan Magetan ini masih ada Candi Sukuh dan Cetho. Candi ini merupakan candi agama Hindu yang dibangun pada zaman kerajaan Majapahit di abad ke-15.

Candi Sukuh merupakan etalase perpaduan harmonis antara alam dengan tubuh manusia.  Karenan itu, kadang oleh pengunjung yang tidak mempedulikan nilai di balik makna tersebut, Candi Sukuh dianggap sebagai candi cabul. Sedangkan Candi Cetho yang berjarak 5 kilometer dari Candi Sukuh, hingga kinimasih  digunakan oleh pemeluk agama Hindu sebagai salah satu tempat untuk upacara keagamaan. Gapura dengan undakan tangga yang curam mengingatkan pada saya pada pura di Bali.

 

Sumber: http://bit.ly/VvuIhk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: