Perokok Pasif Terancam Pikun

Leave a comment

Sep 24, 2012 @ 13:06 by tanya gooogle

Bagi Anda yang tidak merokok, berada di tempat umum penuh asap rokok tentu mengganggu. Menghentikan kebiasaan orang untuk merokok agaknya sulit. Jalan tengah adalah dengan menghindari tempat tersebut.

Suatu penelitain menyebutkan para perokok pasif sangat mungkin terganggu daya ingatnya. Penelitian di jurnal Addiction itu malah menyebutkan asap rokok dapat menyebabkan pikun.

“Penelitian ini memperluas apa yang selama ini Anda ketahui tentang bahaya bagi para perokok pasif, seperti gangguan pernapasan. Ternyata asap rokok pun mengganggu fungsi kognitif,” ujar Tom Heffernan, peneliti dari Northumbria University, Newcastle.

Mereka melakukan penelitian ini pada 27 orang perokok aktif, 24 perokok pasif, dan 28 orang yang sama sekali bersih dari rokok. Dikutip Fox, hasil tes memori menyatakan nilai perokok aktif dan pasif hanya berselisih sedikit. Yakni 11,6 poin untuk perokok aktif, dan 13,7 poin untuk para perokok pasif. Hasil tertinggi diperoleh orang yang tidak pernah terpapar rokok, yakni 16,3 poin.

Menurut Heffernan, penelitian ini menunjukkan hubungan antara asap rokok dan kemampuan otak. Tetapi, hasil penlelitian itu tampaknya harus diuji lagi. Para peneliti masih mengembangkan penelitian atas kasus ini dengan metode berbeda.

 

Sumber: http://bit.ly/QtoygU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: