Serangoon Road: Veteran yang Bentrok dengan Gengster

Leave a comment

Sep 19, 2012 @ 9:27 by tanya gooogle

 

Film Serangoon Road mencuplik kisah seorang pria kelahiran Australia, Sam Callaghan (Don Hany) yang menghabiskan masa kecilnya di daerah pengasingan tentara Jepang pada masa Perang Dunia II. Dirinya kemudian kembali untuk berjuang pada era Malayan Emergency (masa darurat Malaya; perang antara tentara Persemakmuran Inggris dan pejuang setempat; saat itu Singapura masih bergabung dalam Federasi Malaysia).

Secara mental, Sam menjadi pria yang mengalami luka mendalam akibat kedua peristiwa tersebut. Ketika sang tetangga, Patricia (Joan Chen), meminta Sam untuk meneruskan jasa detektif swasta milik suaminya yang baru terbunuh, pria ini dengan enggan menyetujui tawaran tersebut.

Dimulailah petualangan yang kemudian memperlihatkan ketertarikan Sam pada dunia tak terduga penuh bahaya di mana para geng Chinese Secret Society berperang demi menguasai jalanan, pihak-pihak asing bersaing memperebutkan kekuasaan dan intelijen rahasia.

Kota itu menjadi ladang berkembangnya kekacauan rasial dan politis. Penyelidikan-penyelidikan yang dilakukannya dengan  kekasih (Maeve Dermody), menarik Sam ke dalam dunia rahasia para ekspatriat Eropa termasuk sikap kolonial mereka yang kian memudar, serta kemewahan dan berbagai intrik politik.

Aktivitasnya sebagai penyedia jasa detektif dengan cepat membawa Sam dan Patricia berseteru dengan beberapa geng terkuat dan terkejam Singapura, yang tak segan membunuh demi menjaga rahasia mereka.

Sebagai kolaborasi penting antara ABC TV dan HBO Asia, Serangoon Road menjadi judul serial drama prime-time pertama hasil produksi Australia dan Singapura. Proses pengambilan gambar sedang berlangsung di Singapura. Perusahaan film asal Perth, Australia – Great Western Entertainment dan Infinite Studios dari Singapura turut berpartisipasi dalam pembuatan serial drama ini. Mitra pendanaannya melibatkan HBO Asia, ABC TV dan ABC Commercial, ScreenWest, serta distributor internasional Content Television and Digital Internasional, salah satu divisi dari Content Media Corporation.

Serangoon Road merupakan serial drama detektif 10 episode (masing-masing berdurasi satu jam) dengan ritme penuturan yang cepat; kisahnya berlatar Singapura nan eksotis dan penuh gejolak pada 1960-an. Produksi ini menarik minat aktris kenamaan Asia, Joan Chen (The Home Song StoriesRed Rose, White Rose) termasuk aktor/aktris Singapura seperti Alaric Tay (18 Grams of LoveThe Noose) dan Pamelyn Chee (Little NyonyaThe Princess of Nebraska).

Tak ketinggalan deretan bintang dari Australia, yakni Don Hany, Maeve Dermody, Rachael Blakedan Michael Dorman. “Kami sangat antusias bisa bekerjasama dengan ABC TV untuk memproduksi serial original HBO Asia yang pertama, sebuah drama berkualitas terbaik yang diproduksi secara lokal dan ditujukan bagi pemirsa Asia,” tutur Chief Executive Officer, HBO Asia,Jonathan Spink.

Serangoon Road menjadi investasi bersejarah yang menandai awal dari komitmen kami untuk memproduksi konten berkualitas tinggi, relevan dan memukau,” lanjutnya.

Serial ini diciptakan dan diproduseri oleh Paul Barron dan menarik keikutsertaan nama-nama besar pekerja kreatif perfilman Australia yang telah meraih sejumlah penghargaan, antara lain sutradara Peter Andrikidis dan Tony Tilse, penulis Michaeley O’Brien dan Tony Morphett, produser Richard Clendinnen, DOP Joe Pickering serta perancang produksi Herbert Pinter.

 

Sumber: http://bit.ly/SzuilZ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: