Microsoft: Tablet Surface Dibanderol Rp 2,8-Rp 7,6 juta

Leave a comment

Sep 19, 2012 @ 11:42 by tanya gooogle

 

Pertama kali diumumkan, Juni lalu, Microsoft tidak memberikan informasi harga perangkat tablet Surface buatannya yang digadang-gadang menjadi pesaing iPad dan Ultrabook.

Namun, sekarang, CEO Microsoft Steve Ballmer telah memberikan sedikit bocoran mengenai harga final tablet tersebut, yaitu antara 300 hingga 800 dollar AS atau sekitar Rp 2,8 hingga 7,6 juta.

Selisih harga hampir 5 juta tersebut disebabkan karena Surface akan diluncurkan dalam dua versi berbeda. Tablet Surface RT yang berbasis ARM dan mengusung sistem operasi Windows 8 RT ditujukan sebagai lawan tablet Android dan iPad, sementara Surface Pro yang memiliki basis arsitektur x86 dan sistem operasi Windows 8 Pro bakal menyaingi Ultrabook. Keduanya memiliki ukuran layar 10 inci.

Seperti dikutip dari PC World, keterangan harga tersebut diperoleh The Seattle Times dalam wawancaranya dengan Ballmer Jumat (14/9/2012). Informasi baru tersebut mematahkan kabar sebelumnya yang menyebutkan bahwa Surface akan dibanderol mulai 199 dollar AS atau kurang dari Rp 2 juta.

Ketika ditanya soal persaingan dengan iPad dari segi harga, Ballmer mengatakan bahwa perangkat-perangkat tablet yang murah, khususnya yang berukuran 7 inci, “tidak mampu melakukan banyak hal dan penampilannya kurang bagus”.

Menurut Ballmer, angka 300 hingga 800 dollar AS adalah titik ideal (sweet spot) untuk pasar PC.

Sebagai informasi, perangkat-perangkat tablet 10 inci yang beredar saat ini umumnya dibanderol mulai harga 4-jutaan, seperti Samsung Galaxy Tab 2 10.1 dan New iPad (versi 16 GB WiFI). Apabila benar, harga awal Surface sebesar 300 dollar tetap relatif lebih rendah dibandingkan dengan para pesaingnya itu.

Sementara itu, tablet Surface Pro yang menduduki puncak harga sebesar 800 dollar AS berada pada perbatasan level harga Ultrabook.  Dibandingkan dengan Ultrabook, tablet Surface Pro yang sudah dilengkapi keyboard ini diklaim lebih tipis dan lebih ringan. Ukuran layarnya memang lebih kecil (10.6 inci), tetapi kecepatannya diperkirakan sebanding dengan laptop.

 

Sumber: http://bit.ly/T1EcmQ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: