Sakit Langka: Hanya Makan Biskuit & Teh

Leave a comment

Sep 18, 2012 @ 9:31 by tanya gooogle

 

Suzanne Kettle tak pernah bisa merasakan nikmatnya bersantap. Wanita 28 tahun itu hanya makan beberapa genggam biskuit dan tiga cangkir teh setiap hari. Bukan lantaran tak punya uang untuk membeli makanan enak. Bukan pula sedang diet. Ia tengah melawan penyakit langka: gastroparesis.

Itu adalah gangguan pencernaan kronis yang membuatnya kehilangan kemampuan makan dengan normal. Organ perutnya membutuhkan waktu sekitar delapan jam atau enam kali lebih lama untuk mencerna seporsi makanan.

Hanya biskuit dan teh yang cukup bersahabat dengan organ pencernaannya. Inipun dengan porsi terbatas. Memaksakan diri menyantap jenis makanan lain akan membuat tubuhnya dengan cepat merasakan ketidaknyamanan bahkan sakit.

Biskuit dan teh memang sanggup membuatnya bertahan hidup. Namun, jenis santapan ini jelas tak mampu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Membuatnya kehilangan banyak berat badan, merasa lelah sepanjang waktu, tak bertenaga, dan rentan terserang penyakit.

“Hampir setiap hari saya cuma makan biskuit dan teh untuk sarapan dan makan siang. Hanya kalau keadaan sedikit lebih baik, saya bisa menambah dua sendok makan kentang tumbuk untuk makan malam. Ini sulit, saya menghabiskan hampir seluruh waktu di rumah sakit,” ujarnya, seperti dikutip Daily Mail.

Wanita asal Skotlandia ini mulai merasakan keanehan dalam perutnya sejak tiga tahun lalu. Rasa nyeri tak tertahankan membuatnya puluhan kali masuk rumah sakit. “Dokter awalnya sulit mendiagnosis, pernah saya dikatakan sakit batu empedu, gangguan hati, bahkan menderita gangguan jiwa,” ujarnya.

Meski akhirnya mampu memunculkan diagnosis lebih tepat, namun dokter masih sulit menelusuri penyebab penyakit gastroparesis itu. “Fokus saya sekarang adalah berjuang sembuh. Saya akan mencoba menjalani operasi pemasangan alat pacu jantung untuk merasang kontraksi otot-otot di perut yang membantu mencerna makanan lebih cepat,” ujarnya.

 

Sumber: http://bit.ly/OUfxL3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: