Beli Pulau Pribadi Tak Lagi Mahal

Leave a comment

Sep 18, 2012 @ 9:08 by tanya gooogle

Pantai Pink Bahama

 

Jika Anda sedang bermimpi memiliki sebuah pulau pribadi, saat ini adalah waktunya. Melemahnya permintaan dan stok pulau pribadi yang terus bertambah di seluruh dunia, telah membuat harga jual terpotong 20-80 persen.

Dari laporan Chris Krolow of Private Islands Inc seperti dikutip laman CNBC, Rabu, 25 Juli 2012, saat ini lebih dari 600 pulau pribadi di seluruh dunia tengah dijual. Sementara persedian pulau pribadi diketahui meningkat 3 kali lipat sebelum terjadinya resesi ekonomi.

Untuk memiliki pulau pribadi ini, pembeli tak harus berasal dari kalangan miliarder. Saat ini terdapat banyak pulau-pulau pribadi yang dijual kurang dari US$200 ribu atau Rp1,8 miliar. Bahkan beberapa diantaranya hanya dijual pada harga US$50 ribu (Rp450 juta).

Pialang mengakui, permintaan untuk pulau pribadi berkualitas dengan fasilitas rumah dan dekat dengan pusat masyarakat, terbilang masih tinggi. Sayangnya harga jual untuk pulau-pulau terpencil dan belum berkembang justru menurun.

“Resesi telah membagi pulau pribadi ini menjadi dua pasar yang berbeda,” kata Farhad Vladi dari perusahaan pialang yang memiliki kantor di Jerman dan Toronto, Vladi Private Island.

Melemahnya harga pulau pribadi ini terlihat dari penjualan Pulau Puangiangi yang terletak di lepas pantai Selandia Baru dengan luas 155 acre. Pulau yang semula berharga US$4 juta, hanya berhasil dijual seharga US$800 ribu.

Pulau lain yang harganya terdiskon adalah Buenavista Island di Panama yang hanya berjarak kurang dari 200 meter dari pantai. Semula Buenavista dijual pada harga US$3 juta. Kini pialang terpaksa memotong harganya menjadi hanya US$750 ribu.

Tak hanya pulau-pulau kecil, penurunan harga juga terjadi untuk sebuah pulau asli di Bahama, Leaf Cay. Pulau yang memiliki tiga buah pantai, pelabuhan untuk kapal pesiar besar dan akses mudah ke lapangan golf ini semula dijual pada harga US$24 juta. Namun kini, pialang terpaksa mendiskon harganya menjadi US$7 juta.

Anjloknya harga pulau pribadi ini disebabkan berbagai alasan. Pelemahan ekonomi dunia ternyata memberikan dampak yang besar bagi kalangan super kaya.

Sebelum resesi melanda ekonomi dunia, banyak orang kaya baru yang membeli sebuah pulau pribadi sebagai simbol status. Hal ini terlihat dari langkah orang kaya Richard Branson, serta artis Johnny Depp dan Celine Dion yang memiliki sebuah pulau pribadi.

Sayangnya gemerlap memiliki sebuah pulau pribadi perlahan memudar bahkan jauh dari harapan pembeli. Untuk membangun sebuah rumah atau bangunan di pulau pribadi, dibutuhkan waktu yang lama dan biaya besar.

Sarana perhubungan untuk menjangkau pulau pribadi juga masih menjadi kendala bagi kalangan orang kaya yang sangat menghargai waktu.

 

Sumber: http://bit.ly/Ugq6ZX

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: