Armadilo Terpilih Sebagai Maskot Piala Dunia 2014

Leave a comment

Sep 18, 2012 @ 9:34 by tanya gooogle

 

Maskot yang akan dipakai pada Piala Dunia 2014 akhirnya resmi diluncurkan. Kali ini, hewan armadilo akan digunakan sebagai lambang bagi perhelatan pesta akbar sepak bola empat tahunan tersebut.

Seperti dilansir dari situs FIFA, mantan pemain timnas Brasil, Ronaldo, telah memperkenalkan maskot baru ini kepada publik. Dalam sebuah acara di stasiun televisi, Minggu lalu, waktu setempat, Ronaldo menjelaskan alasan tuan rumah menjatuhkan pilihan pada hewan ini.

“Maskot akan menjadi kunci bagi duta untuk hajatan ini dalam dua tahun ke depan,” kata Ronaldo yang pernah tampil di tiga Piala Dunia. “Saya yakin dia akan menginspirasi fans muda di Brasil dan seluruh dunia dengan gairah besar yang dimilikinya untuk olahraga dan negaranya.”

Armadilo merupakan hewan yang hidup di kawasan timur laut Brasil. Hewan dengan kulit berbentuk sisik tebal ini tinggal di daerah kering dan terancam punah akibat kerusakan lingkungan. Bila merasa terancam, hewan mamalia ini akan menggulung diri hingga menyerupai bola.

“Fakta bahwa armadilo adalah spesies yang terancam sangat cocok,” kata Sekjen FIFA, Jerome Valcke.

“Salah satu tujuan utama dari Piala Dunia 2014 adalah sebagai platform untuk mengampanyekan pentingnya lingkungan dan ekologi. Kami sangat senang bisa melakukan itu dengan bantuan maskot yang saya yakin akan mendapat sambutan hangat tak hanya dari Brasil, tapi seluruh dunia,” beber Jerome Valcke.

Warna asli armadilo adalah cokelat muda. Namun, armadilo yang menjadi maskot Piala Dunia 2014 berwarna kuning dengan mata hijau dan tempurung biru. Ketiganya merupakan warna bendera tuan rumah Brasil.

Armadilo bukanlah hewan pertama yang didaulat menjadi maskot Piala Dunia. Pada Piala Dunia 2010, leopard yang dinamai “Zakumi” dipilih sebagai maskot. Sedangkan di Piala Dunia yang digelar di Inggris 1966, giliran singa yang terpilih sebagai duta.

 

Sumber: http://bit.ly/RjM55Y

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: