8 Penyerang Mungil yang Berprestasi Tinggi

Leave a comment

Sep 14, 2012 @ 9:30 by tanya gooogle

Pemain Indonesia, Andik Vermansyah mendapat kesempatan emas tampil bersama DC United. Pemain 22 tahun ini akhirnya merasakan atmosfer Major League Soccer (MLS) meski hanya untuk tim reserve.

Pemain Persebaya Surabaya ini masuk sebagai pemain pelapis di babak kedua saat DC United menghadapi Montreal Impact di DCU Training Field, Selasa 11 September 2012. Pemain Persebaya itu ditempatkan di posisi sayap kanan dan mengenakan nomor punggung 39.

Andik memang gagal mencegah kekalahan 0-2 DC United pada pertandingan itu, namun kiprah pemain ini tetap pantas diacungi jempol. Keberhasilan Andik unjuk gigi di pentas MLS tentu diharapkan akan menjadi pioner bagi pesepakbola-pesepakbola Tanah Air lainnya.

Meski berpostur mungil, hanya bertinggi 162 cm, Andik berani melakukan penetrasi berbahaya ke jantung pertahanan lawan. Andik tak perlu berkecil hati. Sebab banyak juga pemain bertipikal penyerang yang sanggup menorehkan prestasi meskipun bertubuh mungil. Ini 8 di antaranya:

1. Lionel Messi

barcelona kalahkan ac milan 3-1
Kiprah striker Barcelona ini tak perlu diragukan lagi. Dengan tinggi 169 cm, gol-gol seakan tak mau berhenti dicetaknya. Aksinya mengelabui pertahanan lawan selalu hadir di setiap pertandingan. Gelar-gelar untuk Barca maupun gelar individu berhasil diraih pemain 25 tahun ini. Masih ditambah sederet rekor gol fenomenal yang berhasil dipatahkannya.

Torehan gelar Ballon d’Or tiga kali berturut-turut pada 2009, 2010, dan 2011 menjadi bukti sahih kehebatan Messi. Sebuah prestasi fenomenal untuk pria yang sempat divonis mengalami kekurangan hormon pertumbuhan pada usia 11 tahun.

2. Wesley Sneijder

Wesley Sneijder
Tahun 2010 merupakan tahun paling spesial bagi Wesley Sneijder. Pemain bertinggi 170 cm ini berhasil membawa klubnya, Inter Milan meraih treble winners yakni juara Serie A, Coppa Italia, dan juga Liga Champions.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini juga sukses berprestasi bersama timnas Belanda. Di Piala Dunia 2010, dia berhasil mencetak 5 gol dan 4 kali terpilih sebagai man of the match. Pemain 28 tahun ini juga berhasil membawa Belanda ke final meski akhirnya harus kalah oleh Spanyol.

3. Alessandro Del Piero

Juventus Taklukan Inter Milan
Berbagai prestasi telah ditorehkan legenda hidup Juventus ini. Pria bertinggi 174 cm ini tercatat sebagai pemain Italia ke-3 dengan torehan gol terbanyak sepanjang karirnya. Del Piero telah mencetak 321 gol, di bawah Giuseppe Meazza (338 gol) dan Silvio Piola (364 gol).

Pria yang berposisi sebagai second striker ini juga telah menyumbangkan berbagai gelar untuk La Vecchia Signora. Di antaranya adalah 6 gelar Serie A, 1 Serie B, dan 1 Liga Champions. Bersama timnas Italia, pemain Sydney FC ini turut berjasa merebut Piala Dunia 2006.

4. Mario Goetze

Mario Gotze
Sinar terang Mario Goetze mulai terlihat di musim 2010-11. Pria yang berposisi sebagai gelandang serang ini berhasil membawa timnya, Borussia Dortmund menjuarai Bundesliga.

Musim selanjutnya, prestasi pemain 20 tahun ini berlanjut. Pemain bertinggi 176 cm ini membawa Dortmund mempertahankan gelar Bundesliga sekaligus menjuarai DFB-Pokal.

5. Giuseppe Rossi
Rossi merupakan pemain serbabisa. Pemain bertinggi 173 cm ini bisa berperan sebagai winger, second striker, striker tunggal, maupun gelandang serang.

Mantan pemain timnas Italia ini mencapai puncak karirnya pada musim 2009-10. Dia berhasil mencetak 32 gol dalam 56 laga bersama Villlarreal. Satu-satunya gelar yang sempat diraihnya adalah Piala Liga bersama Manchester United pada 2005-06.

6. Michael Owen

Michael Owen
Kiprah pemain bertinggi 173 cm ini mencapai puncaknya pada 2001. Pada saat itu, dia membawa Liverpool meraih treble winners yakni Piala UEFA, Piala FA, dan Piala Liga. Kiprah cemerlang saat itu membuatnya merebut Ballon d’Or pada 2001.

Prestasi Owen semakin lengkap setelah bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2009. Dia akhirnya merebut titel Premier League musim 2010-11. Musim ini Owen memutuskan bergabung dengan Stoke City.

7. Diego Maradona

Diego Maradona
Hanya bertinggi 165 cm tidak menjadi penghalang Maradona meraih prestasi. Pria yang semasa karirnya bisa berposisi sebagai gelandang serang dan second striker ini meraih beragam kejayaan pada masanya.

Kehebatan Maradona yang paling dikenang tentunya adalah saat menjuarai Piala Dunia 1986 bersama Argentina. Aksi kontroversial gol Tangan Tuhan dan melewati 5 pemain Inggris sebelum mencetak gol akan selalu dikenang hingga kini.

Maradona juga dianggap Dewa oleh fans Napoli setelah sukses mempersembahkan Scudetto 1986-87 dan 1989-90.

8. Pele
Pele merupakan legenda hidup bagi Brasil. Dengan tinggi badan 173 cm, gol-gol senantiasa lahir darinya. Total selama karirnya, Pele yang berposisi sebagai striker dan gelandang serang ini berhasil mencetak 1281 gol dari 1363 pertandingan.

Pria yang hampir menghabiskan seluruh karirnya bersama Santos ini berhasil mempersembahkan 3 trofi Piala Dunia bagi negaranya yakni pada 1958, 1962, dan 1970.

 

Sumber: http://bit.ly/R0gnF7

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: