Apple Contek Desain Produk Elektronik Jerman?

Leave a comment

Sep 10, 2012 @ 9:03 by tanya gooogle

Kesamaan Desain Apple dengan Braun

Selama ini, rahasia kesuksesan Apple ada pada desain produknya yang dianggap ikonik. Di sejumlah produk, dari Mac, iPod, iPhone, hingga iPad, Apple menampilkan desain minimalis yang elegan dan tampak menarik.

Pendiri Apple Steve Jobs dan desainer yang kini menjabat Senior Vice President of Industrial Design Apple, Jonathan Ive, dianggap menjadi pahlawan yang berjasa menghadirkan desain ikonik Apple. Meski begitu, desain Apple ternyata dianggap serupa dengan desain perusahaan elektronik asal Jerman di tahun 1950an dan 1960an, Braun.

Mengutip laman Cult of Mac, Steve Jobs dan Jonathan Ive memang dikenal sebagai pengagum desainer yang bekerja di Braun, Dieter Rams. Kekaguman ini pun terlihat dari kemiripan desain produk Apple dengan produk Braun.

Misalnya saja iPod. Pemutar musik digital dari tahun 2001 ini memiliki desain yang serupa dengan radio saku Braun T3 yang diproduksi di tahun 1958. Bedanya tentu saja iPod sudah memiliki teknologi digital di layarnya.

Kesamaan lain, coba tengok radio Braun T1000 dari tahun 1967. Radio ini memiliki desain yang begitu serupa dengan Mac Pro, yang merupakan PC andalan Apple produksi tahun 2003.

Coba juga lihat speaker Braun LE1. Desain speaker dari tahun 1967 ini memiliki kemiripan dengan PC andalan Apple saat ini, iMac, yang diproduksi tahun 2007. Begitu juga dengan emiter infrared besutan Braun, yang punya kemiripan dengan kamera iSight besutan Apple.

Tak hanya itu, jika Anda punya iPhone, mampirlah untuk membuka kalkulator. Jika dibandingkan, desain interface kalkulator iPhone dari tahun 2007 ini punya kemiripan dengan desain kalkulator Braun ET44 dari tahun 1977. Kemiripian itu terlihat dari tombol bulat, serta simbol “=” yang ada di bulatan kuning.

 

Kesamaan Desain Apple dengan Braun

 

Kekaguman Jonathan Ive terhadap desainer Braun, Dieter Rams, pernah ditulis Ive dalam buku Dieter Rams, “As Little Design As Possible”.

“Apa yang dilakukan Dieter Rams dan timnya di Braun adalah memproduksi ratusan objek yang lahir dan didesain secara cantik: produk yang dibuat secara menarik dalam jumlah tinggi dan terakses secara luas,” tulis Ive.

Entah apakah ini menjadi sebuah ironi. Sebab, Apple baru saja menang atas Samsung, yang digugat atas tuduhan menjiplak desain dan sejumlah teknologi yang dipatenkan Apple.

 

Sumber: http://bit.ly/Sweqac

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: