Apple Kurangi Pesanan Chip dari Samsung

Leave a comment

Sep 7, 2012 @ 16:24 by tanya gooogle

Samsung Galaxy SIII Vs iPhone 4S

Apple Inc.telah mengurangi pesanan memori chip yang akan digunakan untuk iPhone terbaru dari pemasok utama sekaligus pesaing, Samsung Electronics Co.

Samsung merupakan pemasok utama Apple. Perusahan Korea itu memproduksi mikro prosesor, layar datar dan chip memori, baik untuk chip memori akses Dynamic RAM (DRAM) maupun chip memori NAND iPad, iPhone dan iPod.

Seorang sumber mengatakan kepada Reuters bahwa Apple telah mengurangi permintaan dari Samsung mengingat Apple berusaha untuk memperluas pasokan lini untuk chip memorinya. Meski begitu, Samsung tetap pada daftar pemasok awal untuk iPhone baru. Sumber tersebut menambahkan bahwa negosiasi bersifat rahasia.

Bisnis handset Samsung, dengan lini Galaxy yang jadi produk andalan, juga terdorong oleh penjualan komponen, mulai dari chip memori sampai prosesor mikro serta layar. Pada Kamis lalu, Samsung mengatakan penjualan Galaxy S III mereka mencapai 20 juta sejak debutnya pada akhir Mei lalu.

Sumber itu membantah spekulasi pasar bahwa pengurangan permintan komponen dari Apple dikarenakan oleh hubungan kurang baik antara dua perusahaan dalam perang paten. Sumber tersebut menambahkan bahwa Apple sudah mencari partner untuk memperluas rantai pasokan.

Analis Bernstein memperkirakan pembelian mobile DRAM dan chip NAND dari Samsung telah turun secara signifikan. Kini nilainya hanya sekitar 2,5 persen dari pendapatan Samsung di tahun 2012.

Diversifikasi

Apple sering menghadapi krisis pasokan saat produk baru diluncurkan. Ini mendorong tinkat permintaan produk tersebut jauh melebihi pasokan dan kemampuan produksi.

Awal tahun ini, sebuah sumber mengatakan kepada Reuters bahwa perusahaan semikonduktor Jepang, Elpida, diketahui juga menjual chip mobile DRAM ke Apple.

Menurut Korea Economic Daily, untuk baterai yang digunakan dalam iPhone terbaru, Apple memilih perusahaan asal China, Amperex Technology Ltd. dan Panasonic Corp. dari Jepang. Apple meninggalkan Samsung dari daftar pemasok.

Sementara untuk panel layar datar, LG Display adalah salah satu pemasok dominan untuk iPhone terbaru, yang kemungkinan menggantikan perusahaan Jepang, Sharp, yang dinilai bermasalah pada produksi layar iPhone.

Meski demikian, Samsung tetap menjadi produsen tunggal dari micro chip Apple untuk iPhone dan iPad.

Menurut perkiraan terbaru oleh Morgan Stanley, penjualan komponen Samsung bisa mencapai US$13 miliar pada tahun depan dan laba usaha diperkirakan bisa mencapai US$2,2 miliar. Angka tersebut  hampir 8 persen dari perkiraan total laba usaha grup Samsung. Atas kabar ini, Samsung menolak komentar. Apple juga belum menanggapi kabar ini.

 

Sumber: http://bit.ly/Sp2DKJ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: