Membacalah! Ini juga Baik untuk Kesehatan

Leave a comment

Aug 28, 2012 @ 15:35 by tanya gooogle

Headline

Membaca buku tidak hanya menambah ilmu pengetahuan ataupun sarana kesenangan. Manfaat menjaga kesehatan tubuh baik fisik maupun mental dapat diperoleh dari kegiatan membaca buku tersebut.

Asalkan diingat bahwa buku bacaan yang Anda ambil adalah bacaan yang baik.

Seperti dilansir dari dailymail, ahli syaraf Baroness Susan Greenfield mengatakan, kegiatan membaca misalnya yang dilakukan anak-anak dapat membantu memperpanjang rentang perhatian atau konsentrasi mereka dan meningkatkan kemampuan mereka untuk berpikir jernih.

Apalagi di jejaring sosial seperti twitter atau facebook dan lainnya, yang seringkali hanya membutuhkan perhatian yang singkat, membaca novel yang membutuhkan konsentrasi yang intens selama jangka waktu yang panjang – bisa menjadi obat penawar.

“Sebuah cerita memiliki awal, tengah dan akhir – sebuah struktur yang mendorong otak kita untuk berpikir secara berurutan, untuk menghubungkan penyebab, efek dan signifikansi, ” katanya.

“Sangat penting mempelajari keterampilan ini dimulai dengan usia muda, sementara otak memiliki plastisitas lebih, itulah sebabnya mengapa begitu penting bagi orang tua membacakan buku atau cerita bagi anak-anak mereka. Semakin kita melakukannya, semakin baik mendapatkan hal itu,” katanya.

Selain itu, tambahnya, keuntungan dari membaca adalah dapat memperkaya hubungan kita dengan meningkatkan pemahaman kita tentang budaya lain dan membantu kita belajar untuk berempati.

Sebuah studi baru-baru ini di University of Michigan menemukan bahwa telah terjadi penurunan sebesar 48% terhadap rasa empati di kalangan mahasiswa. Dengan penurunan tajam dalam masa sepuluh tahun lalu – membaca bisa mengatasi ini.

“Dalam game di komputer, Anda mungkin harus menyelamatkan seorang putri, tetapi Anda tidak peduli tentang dia, karena Anda hanya ingin menang,” papar Baroness Greenfield.

“Tapi seorang putri di sebuah buku memiliki masa lalu, sekarang dan masa depan, dia memiliki hubungan dan motivasi. Kita bisa berhubungan dengan dia. Kita melihat dunia melalui matanya,” ujarnya.

Menurut John Stein, profesor emeritus ilmu saraf di Magdalen College, Oxford, membaca jauh dari aktivitas pasif.

“Membaca merupakan latihan otak secara keseluruhan. Ketika kita ‘tersesat ‘ dalam buku yang bagus, kita lakukan lebih dari sekadar mengikuti cerita. Membayangkan apa yang terjadi adalah baik mengaktifkan otak sebagaimana ‘melakukan’ sendiri,” tandasnya.

Sebuah pemindaian (MRI) pada otak juga membuktikan bahwa kegiatan membaca membantu meningkatkan kesehatan. Pada tahun 2009, sebuah studi pencitraan otak di Amerika menunjukkan bahwa ketika kita membaca dan membayangkan pemandangan, suara, bau dan selera, dijelaskan pada halaman, berbagai bidang otak yang digunakan untuk memproses pengalaman-pengalaman dalam kehidupan nyata diaktifkan, menciptakan baru saraf jalur.

Dengan kata lain, otak kita mensimulasikan pengalaman nyata, sama seperti jika kita tinggal mereka sendiri. Hal ini tidak terjadi ketika menonton TV atau bermain game komputer.

Pada 2009, para peneliti di University of Sussex menemukan bahwa, meski hanya enam menit membaca ternyata dapat mengurangi tingkat stres sebesar lebih dari dua-pertiga, ini yang tidak terjadi ketika aktivitas santai lainnya diambil seperti mendengarkan musik atau berjalan-jalan.

Diperkirakan bahwa konsentrasi untuk membaca mengalihkan perhatian pikiran, meredakan ketegangan otot dan memperlambat denyut jantung. Membaca juga baik untuk kesehatan fisik dan mencegah penuaan otak dan penyakit.

Studi yang diterbitkan Archives of Neurology, dari University of California, Berkeley, menemukan, otak yang terlibat dalam aktivitas membaca setidaknya setiap hari – dari usia muda – bisa membantu mencegah Alzheimer dengan menghambat pembentukan amiloid (protein) plak yang ditemukan pada otak orang-orang dengan penyakit.

Sumber : http://bit.ly/NYP8uU

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: