Makanan Pengusir “Bad Mood”

Leave a comment

Aug 28, 2012 @ 13:44 by tanya gooogle

 

Mood yang hancur selalu menjadi alasan untuk mengunyah. Memang benar suasana hati yang tak enak dapat diatasi oleh makan. Akan tetapi hati – hati dengan pilihan makanan yang justru merusak diet Anda. Lupakan satu mangkuk besar es krim saat hati sedang kacau. Sebagai gantinya asup ini agar hati kembali bahagia.

Stres 
Saat sedang berada di puncak stres, cokelat bisa menenangkan Anda dengan cepat. Para ahli mengatakan bahwa dark chocolate dapat membantu mengurangi hormon stres yang berkerumun di tubuh Anda. Bahkan, sebuah studi baru-baru ini oleh para peneliti di Swiss yang dipublikasikan dalam Journal of Proteome Research, menemukan bahwadark chocolate (sekitar 1,4 ons) memiliki kekuatan untuk menurunkan hormon stres kortisol dan katekolamin di dalam tubuh. Menurunnya hormon dapat mengurangi kecemasan Anda.

Lesu
Tidak bisa berkonsentrasi? Sangat mengantuk? Lupakan kopi dan santap bayam. Begitu saran Dr. Joanna Dolgoff, penulis buku Red Light, Green Light, Eat Right. “Asam folat membantu tubuh Anda menurunkan kadar homosistein dalam tubuh,” kata Dr. Dolgoff. “Tingginya kadar homosistein dapat mengganggu aliran darah dan nutrisi ke otak. Nah, aliran darah yang kurang lancar ke otak tersebut menyebabkan Anda merasa lesu atau sulit berkonsentrasi.” Cara terbaik mengatasinya adalah mengasup makanan kaya folat seperti bayam, sayuran hijau, kentang, roti, sereal, kacang polong dan jamur.

Sensitif
Sebenarnya saat sedang mudah tersinggung adalah tanda tubuh Anda membutuhkan bahan bakar. Hanya pastikan untuk mengisi bahan bakar dengan benar. Bahan bakar yang baik adalah kombinasi makanan mengandung karbohidrat tambah protein atau lemak. Karbohidrat adalah sumber energi yang cepat terbakar. Menambahkan lemak atau protein akan memperlambat proses pencernaan, menyebabkan gula tetap stabil untuk jumlah yang lebih lama. Sebagai contoh adalah apel dengan selai kacang. Apel adalah mengandung karbohidrat kompleks yang sehat Anda dan selai kacang adalah lemak sehat.

Gelisah, cemas atau risau
Jika kecemasan dan kekhawatiran mewarnai hari Anda, pertimbangkan untuk makan siang dengan seorang teman. Percakapan akan membantu Anda dan pastikan Anda memesan salmon, yang merupakan salah satu sumber terkaya omega-3. Asam lemak omega-3 adalah nutrisi yang dapat membantu menjinakkan kecemasan Anda. “Banyak dukungan penelitian serta bukti yang berkembang bahwa omega-3 juga membantu mengurangi marah dan perasaan mudah tersinggung.,” Kata Stephen Ilardi, Ph.D., penulis buku The Depression Cure. Menurutnya sumber omega-3 yang terbaik tetap ikan. “Omega-3 ditemukan paling melimpah pada ikan seperti salmon, herring, sarden dan makarel,”katanya

Marah
“Apapun alasan untuk merasa ingin meledak, pertimbangkan menyeruput secangkir teh hijau,” kata Dr. Jacob Teitelbaum, seorang peneliti, ahli gizi dan penulis buku Beat Sugar Addiction NOW! Berikut ini alasannya: “Teh hijau mengandung theanine, yang menenangkan Anda dan membantu menjaga konsentrasi dan fokus yang jelas,” katanya.

Sedih

Sedang sedih tapi harus tetap terlihat baik-baik saja, tentu Anda butuh dorongan mood. Pilihan terbaik adalah vitamin D. “Nutrisi ini memiliki peran yang berbeda dalam tubuh, salah satunya adalah untuk membantu produksi serotonin,” urai Dr. Dolgoff. Serotonin  merupakan neurotransmitter yang dikenal sebagai hormon yang dapat membantu Anda merasa tenang, santai dan bahagia. Jika Anda kekurang vitamin D akan memengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk menstabilkan mood. Susu rendah lemak, sereal yang difortifikasi atau jamur adalah makanan yang mengandung vitamin D.

 

Sumber : http://bit.ly/Nzea2e

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: