Lebih Bugar dalam 1 Menit

Leave a comment

Aug 28, 2012 @ 16:16 by tanya gooogle

 

Penyakit jantung dan kanker sering kali menghantui Anda, mungkin karena ada anggota keluarga yang mengalaminya. Anda ingin menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, namun tidak tahu upaya apa yang mesti dilakukan.

Jangan khawatir, ada hal-hal sederhana dan cepat yang sebenarnya dapat Anda lakukan untuk menjaga diri Anda agar tetap sehat dan santai. Bahkan, Anda bisa meningkatkan kesehatan Anda dalam 1 menit saja.

1. Memulai hari dengan bunga
Setiap rutinitas Anda membutuhkan tingkat energi yang cukup tinggi. Menurut sebuah studi baru-baru ini di Rutgers University, bunga memberikan efek positif terhadap energi dan suasana hati, dan bahkan dapat mengurangi depresi dan kecemasan.

2. Dapatkan kenyamanan dengan pasangan 
Penelitian baru menunjukkan, semakin nyaman dengan pasangan, Anda akan merasa lebih santai. Saat Anda sedang di sela-sela kesibukan di antara lembar-lembar pekerjaan Anda di rumah, gunakan waktu break untuk meringkuk di dalam pelukannya. Tubuh Anda akan mengeluarkan hormon yang mengurangi hormon stres Anda.

3. Makan cokelat
Anda tidak perlu merasa bersalah ketika memakan cokelat yang Anda simpan di laci meja kerja, demikian menurut sebuah studi baru-baru ini di Universitas Northumbria. Senyawa flavonoid yang dipunyai cokelat hitam diyakini merupakan manfaat cokelat untuk jantung. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, dan membantu tubuh kita untuk memperbaiki kerusakan dan melawan racun. Selain itu, cokelat juga dapat meningkatkan memori, melawan kelelahan, dan membantu tubuh untuk mengerjakan tugas-tugas mental.

4. Mendengarkan musik
Nah, ini pasti sesi favorit Anda. Ketika stres, cobalah untuk mendengarkan lagu. Jenisnya bisa apa saja, sesuai selera Anda. Menurut sebuah studi di Cleveland Clinic, musik dapat memperlambat penembakan neuron jauh di dalam otak, menurunkan tekanan darah, dan tingkat stres.

5. Tertawa
Ketika sedang stres, tertawa dapat menjadi salah satu obat terbaik. Tertawa meningkatkan tingkat energi kita, mengurangi rasa sakit, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan meredakan ketegangan. “Pasang screen saverkonyol. Sewa film lucu ketika Anda tiba di rumah. Berhenti mengambil hal-hal serius!” saran Alice Domar, PhD, direktur Mind/Body Center for Women’s Health di Beth Israel Deaconnes Medical Center.

6. Berjalan-jalan dengan anjing 
Seekor anjing dapat menjadi teman terbaik manusia, lebih dari sekadar seorang teman. Berlari atau jalan cepat ditemani si Brando mengelilingi kompleks merupakan cara terbaik untuk melakukan olahraga ringan, dan sekaligus akan meningkatkan serotonin dan dopamin, kata Blair Keadilan, PhD, seorang profesor psikologi di University of Texas School of Public Health.

7. Mengambil nafas dalam-dalam
Siapa yang tahu bahwa memperbaiki kesehatan dan kebahagiaan bisa dilakukan hanya dengan bernafas? Latihan pernafasan dapat menjadi salah satu gaya hidup sehat karena dapat membuat pencernaan menjadi lebih baik, tubuh lebih bugar, dan menyehatkan mental, dan relaksasi.

8. Makan apel
Buah-buahan ini mengandung antioksidan, serat, dan flavonoid. Sehingga -seperti cokelat- apel juga mendukung kesehatan jantung, dan menjaga kolesterol jahat tetap dalam terkontrol.

9. Tersenyum
Seutas senyum mampu mencerahkan suasana, dan mengurangi stres, demikian menurut sebuah studi dari Columbia University. Ketika Anda merasakan ketegangan dan kecemasan, luangkan waktu untuk tersenyum. “Jika Anda dapat memperlambat pernafasan dan mengubah ekspresi, Anda mungkin dapat berbalik dari keadaan stres,” jelas Mark Stibich, PhD, seorang konsultan di Columbia University.

Sumber : http://bit.ly/RpEilh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: