7 Langkah Mudah Menguatkan Daya Ingat

Leave a comment

Aug 28, 2012 @ 15:18 by tanya gooogle

 

Hal ini pernah terjadi terjadi pada kita semua: Anda berbelanja di toko, ketika kembali ke rumah ada satu dua barang yang lupa dibeli. Saat bercerita tiba- tiba Anda lupa nama temannya pacar. Kalau tidak salah, Jim? Jony? Atau lupa menaruh kunci mobil saat mau berangkat kerja. Semua hal itu normal sih, kalau Anda sesekali menjadi pelupa, terutama jika Anda sedang sibuk dengan setumpuk hal yang harus dilakukan.

Meski Anda merasa masih sangat muda, belum waktunya khawatir menjadi pikun, penelitian menunjukkan bahwa hilangnya memori dapat mulai dari usia 20-an, dan terus meningkat seiring pertambahan usia. Fakta ini cukup mengerikan, bukan? Untungnya, ada langkah mudah sehari-hari yang bisa membantu ingatan tetap tajam.

Langkah No 1: Makan roti panggang saat sarapan

Menghilangkan karbohidrat dalam menu makanan Anda justru dapat membahayakan daya ingat. Sebuah studi dari Tufts University, AS, menemukan fakta bahwa orang-orang yang menghilangkan karbohidrat dari diet mereka, memiliki daya ingat buruk. Mereka lebih sering lupa dalam menjalankan aktivitas keseharian. Kenapa? Sebab, sel-sel otak Anda membutuhkan karbohidrat yang diubah dalam tubuh menjadi glukosa bahan bakar otak untuk bekerja, begitu pendapat Robin Kanarek, Ph.D., Profesor Psikologi di Tufts, AS.

Pilihan terbaik adalah karbohidrat kompleks, sebab tercerna lebih lambat sehingga dapat memberikan aliran glukosa ke otak secara perlahan dan stabil. Saat sarapan asup sepotong roti panggang gandum dengan telur dan satu porsi buah berwarna merah atau unggu tua (berry, strawberry atau tomat).

Langkah No 2: Kelas “kickboxing” sebelum bekerja

“Latihan meningkatkan aliran darah ke otak Anda, menghantarkan oksigen dan glukosa untuk bahan bakar untuk memori Anda,” jelas Sandra Aamodt, PhD., salah satu penulis buku Welcome to Your Brain.

Bahkan, Anda dapat mempelajari kosa kata 20% lebih cepat jika Anda mencoba untuk menghafal mereka setelah melakukan latihan yang intens daripada aktivitas low impact. Itu saran dari sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnalNeurobiology of Learning and Memory. Kelas tari, menjadi pilihan baik selain kickboxing.

Langkah No.3: Mengubah “font” Anda

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cognition. bila Anda sering mengirim email dengan font Times New Roman, cobalah gunakan yang beda. Penjelasannya, font baru dapat membuat pusat pengolahan otak Anda bekerja sedikit lebih keras serta meningkatkan daya ingat Anda. Nah, ubah saja ke Comic Sans dicetak miring (fontyang digunakan dalam penelitian).

Langkah No 4: “Browsing” saat makan siang

Menghabiskan satu jam sehari online mencari informasi yang menarik minat Anda  (seperti tempat untuk liburan Anda berikutnya) dapat merangsang bagian dari lobus frontal yang mengontrol memori jangka pendek. Fakta ini terungkap oleh sebuah studi terbaru dari University of California, Los Angeles, AS.

“Sirkuit neural yang terlibat dalam pengambilan keputusan, keterampilan visual-spasial dan keterampilan verbal menjadi sangat aktif ketika Anda melakukan pencarian internet,” jelas Dr. Gary Small, penulis utama studi tersebut. Dr. Gary menyarankan jangan hanya surfing tanpa berpikir hal tersebut tak akan membantu (Facebook tidak akan membantu Anda menguatkan daya ingat!)

Langkah No 5: Melatih gerakan mata Anda

Selalu lupa tempat Anda memarkir mobil Anda di mal? Cobalah latihan ini: Keluar dari mobil Anda, perhatikan tempat Anda parkir, kemudian lihat sisi kiri dan kanan setiap 1/2 detik. Lakukan ini selama 30 detik sambil berdiri di tempat.

Berlatih gerakan mata sederhana dapat meningkatkan memori jangka panjang Anda hingga 10%, kata peneliti di Manchester Metropolitan University di Inggris. “Itu dorongan ekstra yang dibutuhkan untuk membantu Anda mengingat bagian penting dari informasi,” kata Andrew Parker, Ph.D., penulis utama studi tersebut.

Langkah Nomor 6: “Minum” sedikit sambil makan malam

Sementara menjadi pemabuk dapat menyebabkan kehilangan daya ingat, sebuah studi baru menemukan bahwa minum dengan moderasi sebenarnya dapat menurunkan risiko kehilangan memori. Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer Disease, peserta yang minum tujuh gelas atau lebih sedikit minuman beralkohol per minggu memiliki risiko terendah penurunan daya ingat, dibandingkan dengan perempuan yang tidak minum sama sekali, juga mereka yang minum terlalu banyak (maksudnya sehari satu gelas atau kurang, hal ini tidak berlaku akumulatif, ya)

Para peneliti percaya anti-inflamasi dalam alkohol mungkin menjadi alasan. Atau bisa juga bahwa orang yang minum cukup juga cenderung menjalani gaya hidup sehat.

Langkah No 7: “Floss” sebelum tidur

Benang gigi (dental floss) tak hanya baik bagi kesehatan gigi atau mempercantik senyum Anda tetapi juga dapat melakukan keajaiban bagi daya ingat. “Bila Anda tidak rajin-rajin membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi , gusi bisa meradang, sehingga memudahkan bakteri jahat untuk memasuki aliran darah Anda,” jelas Jonathan B. Levine, DMD, seorang profesor di New York University AS, dan penulis buku Smile! Lebih lanjut, bakteri yang ada dalam aliran darah dapat menyebabkan peradangan di seluruh tubuh termasuk di otak. Ini dapat menyebabkan disfungsi kognitif. Mulailah membersihkan gigi dengan benang gigi setiap hari setelah gosok gigi, agar Anda tak cepat pikun.

 

Sumber : http://bit.ly/OGkI23

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: