Bekerja Saat Hamil Tua Buat Bobot Bayi Lebih Ringan

Leave a comment

Aug 8, 2012 @ 11:18 by tanya gooogle

Para ibu hamil yang masih bekerja hingga menjelang persalinannya, cenderung memiliki bayi dengan bobot tubuh yang lebih ringan. Demikian diungkapkan sebuah penelitian di University of Essex.

Wanita yang bekerja pada saat usia kandungan sudah berusia 8 bulan memiliki bayi 0,2 kg lebih ringan daripada mereka yang berhenti bekerja antara usia kandungan 6-8 bulan, kata peneliti.

Terus bekerja pada usia kandungan tua punya efek setara dengan merokok saat mengandung. Bayi yang ibunya bekerja atau merokok saat mengandung juga tumbuh lebih lambat di rahim.

Penelitian sebelumnya menunjukkan, bayi dengan bobot kelahiran yang ringan berisiko tinggi mengalami gangguan kesehatan dan pertumbuhan lambat, dan dapat menderita berbagai masalah lain di kemudian hari.

Efek bekerja saat mengandung mungkin berdampak lebih besar pada mereka yang melakukan pekerjaan yang melibatkan fisik. Bobot bayi yang lahir dari ibu yang berusia di bawah 24 tahun tidak terpengaruh jika ibu mereka tetap bekerja, namun pada ibu dengan usia yang lebih tua berdampak sangat signifikan.

 

Sumber: http://bit.ly/MiFbeo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: