Perempuan Pengonsumsi Suplemen Vitamin Berisiko Batu Ginjal

Leave a comment

Aug 3, 2012 @ 14:35 by tanya gooogle

ANDA sering mengonsumsi suplemen vitamin? Wah, sepatutnya Anda berhati-hati. Pasalnya dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Cereighton, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa perempuan yang mengonsumsi suplemen vitamin selama lebih dari satu tahun lebih besar mengalami risiko terkena batu ginjal. Demikian seperti yang diungkap dalam Zeenews.

Dr Christopher Gallagher, direktur Unit Metabolisme Tulang di Creighton, mengatakan, bahwa orang tidak boleh mengonsumsi suplemen vitamin D melebihi batas yang disarankan yaitu, 800 IU (internasional unit) vitamin D, dan 800 hingga 1,200 mg per hari kalsium. Gallagher dan timnya mempelajari 163 perempuan sehat yang sudah menopause, berusia antara 57 dan 85 tahun.

Para relawan secara acak diberi suplemen vitamin D 400, 800, 1600, 2400, 3200, 4000, atau 4800 IU sehari, atau plasebo. Asupan kalsium mereka kemudian ditambah dari asupan awal harian 691 mg sampai 1,200 hingga 1,400 mg.

Selama penelitian, mereka mengukur darah dan kadar kalsium para relawan selama tiga bulan sekali dalam kurun waktu selama tiga tahun. Dari hasilnya, peneliti menemukan sebanyak 33 persen tingkat kemih (urin) tinggi kalsium pada suatu waktu dalam penelitian.

Menurut peneliti, kebanyakan relawan memiliki 88 episode kalsium urin tinggi (hiperkalsiuria), yang dikaitkan dengan peningkatan risiko batu ginjal.
Dari keseluruhan hasil penelitian, Gallagher dan rekan lainnya menduga bahwa penggunaan suplemen dalam jangka panjang bisa menyebabkan hiperkalsiuria dan hiperkalsemia. Kondisi ini tentu saja dapat memberikan kontribusi terjadinya batu ginjal.

 

 

Sumber: http://bit.ly/OunxBm

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: