Jauhkan Stres dengan Senyuman

Leave a comment

Aug 3, 2012 @ 13:36 by tanya gooogle

 Stres adalah bagian dari kehidupan yang sebenarnya bisa menjadikan kita lebih tegar. Karena itulah kita harus berlatih menghadapinya agar stres yang dihadapi tidak sampai mengganggu kesehatan. Salah satu cara mudah dan murah untuk menurunkan gejala stres adalah lewat senyuman.

 

“Tersenyum tidak hanya indikator nonverbal penting dari kebahagiaan tetapi juga sebagai obat mujarab untuk mengatasi stres kehidupan. Kami ingin menguji apakah tersenyum bisa sungguh memiliki manfaat kesehatan yang relevan,” kata Tara Kraft, psikolog dan peneliti dari Universitas Kansas.

Ia kemudian melakukan penelitan terhadap para mahasiswa yang sedang cemas karena harus mengerjakan sejumlah tugas yang membuat stres. Ternyata ketika mereka diminta melakukan terapi senyuman, para mahasiswa itu mengaku rasa tertekan yang dialami sedikit berkurang.

Penelitian ini dipimpin oleh Tara Kraft dan Sarah Pressman. Dalam penelitian itu, 169 mahasiswa yang terlibat dalam studi ini diperintahkan untuk mengerjakan tugas yang menyebabkan stres seperti melacak bintang dan merendam tangan mereka ke dalam air es.

Para siswa menjalani tugas tersebut dengan tiga kondisi berbeda yakni tidak tersenyum; diminta untuk tersenyum, dan sambil memegang sumpit di mulut mereka untuk memaksa wajah tersenyum.

Peneliti menggunakan sumpit karena ingin mengukur efek asli ketika tersenyum (yang melibatkan otot-otot sekitar mulut dan mata), dan apa yang disebut standar senyuman, yang hanya melibatkan otot-otot di sekitar mulut (saat menggunakan sumpit).

Kemudian, Kraft dan Pressman menggunakan alat pengukur denyut jantung dan setiap partisipan diminta melaporkan sendiri tingkat stres mereka untuk menilai seberapa terganggunya peserta selama mengerjakan tugas.

Studi ini menemukan bahwa peserta yang memakai alat bantuan apapun untuk tersenyum cenderung memiliki tingkat stres lebih rendah selama mengerjakan tugas dibandingkan peserta dengan ekspresi wajah netral.

Peneliti berpendapat, hasil temuan ini menunjukkan bahwa meskipun seseorang memaksa tersenyum selama mengerjakan tugas yang bagi mereka tidak menyenangkan, namun hal itu benar-benar membantu menurunkan tingkat stres, bahkan jika Anda sedang tidak merasa bahagia.

“Lain kali jika Anda terjebak dalam kemacetan atau mengalami beberapa jenis stres lainnya, Anda mungkin dapat mencoba untuk memegang wajah Anda untuk tersenyum sejenak. Hal itu tidak hanya membantu meringankan Anda secara psikologis, tetapi juga membantu kesehatan jantung Anda,” kata Pressman.

 

 

Sumber: http://bit.ly/MU7QaZ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: