Menu Makan Sehat Membantu Konsentrasi Anak

Leave a comment

Aug 2, 2012 @ 14:31 by tanya gooogle

Diet seimbang dapat meningkatkan konsentrasi dan ingatan anak.

Makanan sehat untuk otak.

 

PARA AHLI Universitas of Michigan Health System menjelaskan, diet seimbang dan sehat untuk anak membuat neurotransmitters berfungsi secara lebih baik sehingga meningkatkan konsentrasi dan ingatan anak.

Menurut ahli diet Catherine Kraus, masa kanak-kanak adalah masa penting di mana tubuh sedang tumbuh dan otak sedang berkembang. Karena itu, sangat penting untuk memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh dan mengajari anak kebiasaan makan cerdik di usia muda. Cara yang baik adalah orangtua memberikan contoh. Orangtua disarankan untuk memberikan makanan dan snack seimbang yang memberikan energi dan nutrisi yang diperlukan anak untuk kinerja baik di sekolah.

Pastikan anak makan sarapan. Riset menunjukkan, anak yang tidak sarapan prestasinya tidak sebaik anak yang makan sarapan. Sarapan sehat terdiri dari serealia padi-padian utuh, havermut atau roti dengan protein seperti selai kacang tanah atau telur rebus matang. Tambahkan buah utuh ketimbang jus buah untuk memberikan lebih banyak vitamin, mineral, dan serat ke dalam diet. Produk susu dapat diterima sejauh dalam bentuk rendah lemak atau bebas lemak. Hindari lemak tinggi dan makanan bergula.

Berikut ini beberapa manfaat yang dirasakan anak jika rutin sarapan setiap pagi dengan menu yang sehat:

  • Memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari sehingga anak siap beraktifitas sehari penuh
  • Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dalam masa tumbuh kembang anak
  • Membantu agar konsentrasi si kecil lebih baik, hal ini membuat anak dapat fokus menyerap pelajaran dari lingkungannya
  • Menjaga semangat anak dalam beraktivitas karena nutrisinya terpenuhi
 
Pilihan praktis sarapan
1. Roti dan telur dadar
2. Sereal dan Susu
3. Nasi dengan telur orak arik
4. Sandwich isi: roti + keju + telur dadar + daun selada + tomat
5. Bubur ayam
Saat makan malam, separuh dari piring anak harus berisi sayur dan buah-buahan, seperempat piring tediri dari protein tak berlemak, seperempat terdiri dari padi-padian utuh seperti nasi beras atau gandum. Menurut Kraus, makan malam cerdik membantu fungsi otak anak. Makan malam yang memuaskan membuat anak tidur nyenyak di malam hari. Anak perlu tidur paling sedikit 8 sampai 9 jam semalam agar berfungsi baik di sekolah pada keesokannya.
Sumber: http://bit.ly/NKQsFv

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: