Efek Jatuh Cinta Pada Kesehatan

Leave a comment

Aug 2, 2012 @ 15:02 by tanya gooogle

Bisakah mengkonsumsi apel setiap hari menjauhkan Anda dari berbagai macam penyakit? Mungkin tidak selalu. Kecuali, Anda berbagi apel tersebut bersama pasangan Anda dengan penuh kasih. Efek ini justru lebih menyehatkan.

“Orang yang berada dalam hubungan jangka panjang dan menikmatinya dengan bahagia dan selalu jatuh cinta dengan pasangannya cenderung memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik,” ujar Harry Reis, PhD, editor the Encyclopedia of Human Relationships, pada sebuah wawancara dengan WebMD.

Tinjauan luas antara hubungan percintaan dan kesehatan yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS menunjukkan bahwa orang yang berada dalam hubungan jangka panjang, terutama pernikahan, mendapatkan keuntungan kesehatan menyeluruh yang dalam segala dimensi.

1. Kesehatan sistem kekebalan tubuh
Tidak ada satupun obat yang dapat mencegah tubuh Anda terserang flu. Tetapi, jika Anda memiliki hubungan percintaan yang bahagia,
kemungkinan akan jarang terserang flu menjadi lebih rendah. Emosi positif ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang, sehingga energi negatif yang merusak akan hilang dengan sendirinya. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa orang yang bahagia lebih jarang terserang flu dibandingkan mereka yang hidup sendiri.

2. Kesehatan kardiovaskular

Olahraga dan jalan kaki sangat baik bagi tekanan darah untuk mengimbangi kesehatan Anda.  Namun, penelitian menunjukkan bahwa pernikahan bisa berbuah keajaiaban. Tak hanya pasangan menikah yang memiliki tekanan darah normal, orang yang memiliki kehidupan sosial baik pun demikian. Jadi tidak heran kalau  mereka yang kurang  bahagia lebih berisiko pada penyakit jantung dan stroke.

3. Kesehatan mental
Menurut laporan Health and Human Services, hubungan percintaan yang
bahagia sangat baik bagi kesehatan mental. Mereka yang depresi dalam sebuah hubungan lebih cenderung mengalami kecanduan terhadap alkohol dan obat.

4. Kesehatan tubuh secara umum
Orang yang selalu merasa jatuh cinta, secara umum memiliki kesehatan
yang lebih baik dibanding mereka yang selalu murung dan kesepian. Jika dilihat dari diagram statistiknya, mereka yang bahagia mengalami lebih sedikit stres, lebih cepat sembuh dari luka, lebih baik dalam mentolerir rasa sakit, dan cenderung lebih menikmati hidup.

 

 

Sumber: http://bit.ly/N4hsMK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: