Bahaya, hamil 9 bulan masih bekerja

Leave a comment

Aug 1, 2012 @ 8:30 by tanya gooogle

Masalah perekonomian keluarga terkadang memaksa wanita, bahkan ibu hamil untuk tetap bekerja. Namun, sebaiknya para calon ibu mempercepat pengambilan jatah cuti hamilnya.

Sebuah penelitian oleh University of Essex menunjukkan wanita yang bekerja ketika usia kandungan 9 bulan cenderung memiliki bayi dengan berat badan di bawah normal.

Peneliti mengatakan, ibu hamil yang masih memaksakan untuk tetap bekerja hingga usia kandungan menginjak sembilan bulan berisiko memiliki bayi dengan berat badan rata-rata setengah pon (0,5 kg) lebih rendah dibandingkan ibu hamil yang sudah mengambil cuti hamil saat enam samapi delapan bulan kehamilan.

“Kita tahu bahwa berat badan lahir yang rendah memberikan ramalan apa yang akan terjadi di kemudian hari, termasuk sulitnya menyelesaikan sekolah, masalah rendahnya upah kerja dan risiko kematian yang tinggi,” ungkap peneliti profesor Marco Francesconi, dilansir melalui Dailymail.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa bayi yang terlahir dengan berat badan rendah berisiko tinggi terhadap masalah kesehatan yang buruk dan perkembangan pertumbuhan yang terlambat. Pada akhirnya, anak akan lebih menderita di kemudian hari.

Peneliti juga menyimpulkan bahwa efek terus bekerja selama tahap akhir kehamilan adalah sama dengan ibu hamil yang merokok saat hamil.

“Kita perlu berpikir serius mengenai masalah cuti hamil. Manfaat bagi mereka yang mengambil cuti sebelum kelahiran bisa cukup tinggi,” tambah Prof. Marco.

 

 

 

Sumber: http://bit.ly/M2lOpM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: