TIPS; 10 langkah jaga kesehatan mata

1

Jul 30, 2012 @ 14:20 by tanya gooogle

Sebagai salah satu panca indera, tak dapat dipungkiri jika mata menjadi aset penting agar dapat tetap menikmati segala keindahan dunia.

Jika menginginkan mata sehat, sebaiknya mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan mata. Banyak sekali penyakit mata yang bisa diminimalisir jika Anda tahu cara untuk merawat mata Anda sejak dini.

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan demi menjaga kesehatan mata, seperti dilansir melalui Sheknows.

Pakai kacamata hitam
Kacamata hitam mampu memblokir 100 persen paparan sinar ultraviolet, sehingga dapat mencegah perkembangan katarak. Hal ini disebabkan kacamata hitam bisa melindungi mata dari sinar matahari secara langsung yang dapat merusak retina. Kacamata hitam juga melindungi kulit kelopak mata yang lembut, serta mengurangi risiko keriput dan kanker kulit di sekitar mata.

Berhenti merokok
Tembakau secara langsung memberikan efek merugikan bagi kesehatan, terutama degenerasi makula mata yang berkaitan dengan usia (AMD). AMD merupakan kerusakan makula (saraf di mata) berupa menurunnya kerapatan pigmen yang berperan menyaring cahaya yang masuk ke mata. Akibatnya, penderita AMD tidak bisa melihat dengan jelas.

Penelitian menunjukkan bahwa perokok dan mantan perokok lebih mungkin untuk mengembangkan AMD dibandingkan mereka yang tidak merokok. Perokok juga memiliki risiko untuk terkena katarak.

Makan yang benar
Kekurangan vitamin atau mineral dapat merusak fungsi retina. Wortel telah diyakini membantu menjaga kesehatan mata. Namun, berbagai sayuran, terutama sayuran hijau, juga menjadi bagian penting bagi kesehatan mata Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan dengan kadar vitamin C dan E, seng, lutein, zeaxanthin dan asam lemak omega 3 DHA dan EPA cenderung memiliki risiko rendah mengembangkan AMD.

Melakukan pemeriksaan mata awal
Orang dewasa yang tidak memiliki tanda atau faktor risiko penyakit mata harus melakukan pemeriksaan penyakit mata pada usia 40 tahun. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit mata, diabetes atau tekanan darah tinggi, maka Anda harus menemui dokter mata segera.

Pakai pelindung mata
Banyak orang yang mengalami cedera mata akibat olahraga atau proyek konstruksi. Cedera bisa dihindari dengan mengenakan pelindung mata yang tepat.

Tahu riwayat kesehatan keluarga
Banyak penyakit mata yang menyerang di dalam keluarga. Jadi, mengetahui riwayat kesehatan mata dari keluarga dan mendiskusikannya dengan dokter mata dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan dan kondisi mata lainnya.

Intervensi awal
Penyakit mata terkait usia, termasuk katarak, diabetic retinopathy, glaucoma dan AMD diperkirakan akan meningkat drastis dari 28 juta hari ini menjadi 43 juta di tahun 2020. Gangguan mata paling serius, seperti glaucoma dan AMD, lebih mudah dan berhasil diobati jika didiagnosis sejak dini. Jika tidak, akan menyebabkan kehilangan penglihatan dan kebutaan serius. Berapapun usia Anda, intervensi awal sedini mungkin amatlah sangat membantu.

Tahu penyedia perawatan mata
Dokter mata, ahli mata dan ahli optik memainkan peran dalam memberikan pelayanan perawatan mata. Namun, masing-masing memiliki tingkat yang berbeda dari ilmu dan keahlian.

Perhatikan petunjuk pemakaian lensa mata
Kebanyakan orang tidak mematuhi petunjuk perawatan dan penggunaan lensa kontak. Kesalahan umum, seperti tidur semalaman memakai lensa mata, menggunakan air liur atau air biasa sebagai larutan pembasah, hingga menggunakan cairan kadarluarsa menyebabkan ulkus kornea, rasa sakit yang bisa membuat kehilangan penglihatan.

Sadari kelelahan mata
Jika mata lelah bekerja di depan komputer atau menulis dengan jarak dekat, Anda dapat mengikuti jurus 20-20-20. Maksudnya, setiap 20 menit bekerja di depan komputer harus beristirahat paling tidak 20 detik dengan melihat benda atau objek yang jaraknya 20 kaki (6 meter).

Jika kelelahan mata berlanjut, dapat menjadi kondisi lain, seperti sindrom mata kering dan presbiopia atau proses kehilangan penglihatan untuk fokus secara aktif pada objek terdekat dengan mata.

 

 

 

 

Sumber: http://bit.ly/NeypBG

One thought on “TIPS; 10 langkah jaga kesehatan mata

  1. Keven Freudenthal says:

    Lutein is specially useful if you have a job that exposes your eyes to intense blue light. Lutein helps prevent retinal degradation caused by blue light.;’`:’

    Many thanks http://foodsupplementdigest.com/why-am-i-not-allowed-to-take-melatonin-if-i-have-an-autoimmune-disorder/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: