5 Cara Agar Lebih Bahagia Selama Menjalani Pernikahan

Leave a comment

Jul 30, 2012 @ 14:10 by tanya gooogle

img

Memiliki sebuah pernikahan yang langgeng tentu butuh usaha lebih dari pasangan. Anda tidak bisa hanya berdiam diri, tanpa melakukan apapun ketika suatu permasalahan menerpa kehidupan rumah tangga.

Terapis pernikahan yang menulis buku ‘Shame and Anger: The Criticism Connection’ Brock Hansen menyarankan cobalah untuk belajar membuat pasangan bahagia. Sebaiknya jadikan hal tersebut sebagai tujuan hidup Anda selama menjalani pernikahan.

Hansen memaparkan kebahagiaan dalam sebuah pernikahan bisa dicapai dengan lima cara ini. Berlatihlah terus untuk melakukan lima tips yang disarankan pria lulusan Johns Hopkins University ini, karena menurutnya, terkadang pasangan lupa atau terlalu menerima segala sesuatunya apa adanya.

1. Miliki kemampuan untuk mendengarkan. Jauh di dalam lubuk hatinya, setiap orang pasti selalu ingin mendapat perhatian yang tidak terbagi dari orang yang dicintainya. Sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik. Di zaman sekarang ini, dengan kehadiran gadget nan canggih, Anda bisa jadi sangat mudah teralihkan dari sebuah obrolan yang sedang berlangsung. Seseorang juga bisa jadi teralihkan fokusnya ketika mendengarkan pembicaraan orang lain dengan pikira-pikirannya sendiri.

Hansen menyarankan jika memang Anda ingin jadi pendengar yang baik untuk pasangan, tunjukkan antusiasme pada pembicaraannya. Antusiasme itu bisa diperlihatkan melalui ekspresi, nada suara dan irama Anda bicara.

2. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaan dan keinginan. Ini artinya Anda sudah harus tahu apa yang sebenarnya Anda inginkan dan itu tidak selalu pasangan memang mengetahuinya. Ketika melakukan cara kedua ini, Anda harus berhenti melakukan hal-hal yang selama ini bisa menimbulkan pertengkaran, misalnya berasumsi kalau pasangan sudah tahu, langsung marah atau mengeluh ketika tidak mendapatkan apa yang diinginkan atau menggunakan langkah-langkah manipulatif. Menurut Hansen, dengan mengatakan apa sebenarnya perasaan atau keinginan Anda, mempermudah pasangan untuk memberinya.

3. Coba lakukan hal baru bersama-sama. Beberapa pasangan menikah merasa kehidupan rumah tangga mereka membosankan. Tentunya agar kebosanan itu tidak terus terjadi dan menimbulkan dampak buruk, lakukanlah suatu hal baru bersama-sama. Cara ini bisa dilakukan ketika Anda sudah menerapkan langkah pertama dan kedua. Artinya Anda siap memberitahukan keinginan untuk melakukan hal baru tersebut dan pasangan mau mendengarkannya. Setelah mencoba melakukan sesuatu yang baru tersebut, berbagilah lagi. Ungkapkan bagaimana perasaan masing-masing ketika melakukannya, apakah menyukainya atau justru tidak mau melakukannya lagi.

4. Ekspresikan rasa terimakasih. Hansen mengatakan mengekspresikan dan menerima penghargaan atau terimakasih merupakan cara paling alami untuk meningkatkan kualitas hubungan. Ucapkan rasa terimakasih atau bentuk penghargaan itu dengan tulis agar kalimat tersebut tidak hanya sekadar kalimat tanpa arti atau rutinitas belaka.

5. Tunjukkan kasih sayang sesering mungkin. Ketika pasangan sudah berhasil mempraktekkan cara ketiga, menurut Hansen, pasangan akan mudah untuk saling menyayangi dan peduli. Semua langkah-langkah di atas, termasuk yang kelima ini tentunya butuh usaha untuk terus dilakukan.

 

 

 

 

Sumber: http://bit.ly/ND9zBi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: