Pria & Wanita Tak Mungkin Berteman Saja

1

Jul 27, 2012 @ 13:41 by tanya gooogle

Bisakah pria dan wanita bersahabat? Tentu bisa, kenapa tidak? Itu jawab Anda. Tetapi, teman Anda mengatakan: tidak mungkin! Salah satu pasti akan jatuh cinta dan membuyarkan hubungan pertemanan yang sudah terjalin baik. Nah, lho! Jadi yang benar bisa atau tidak?

Meskipun rasa tertarik bisa muncul dari kedua belah pihak, namun pria merasa lebih tak mungkin untuk menjalin hubungan pertemanan biasa dengan wanita. Dua studi digelar untuk membuktikan hal ini. Yang satu diikuti oleh 88 pria dan wanita muda yang saling berteman, dan yang lainnya diikuti oleh 140 pria dan wanita usia paruh baya, dan hampir semuanya menikah.

Dalam hasil studi yang dimuat di Journal of Social and Personal Relationships ini, para peneliti mengatakan ada potensi konsekuensi negatif  bagi pasangan yang memiliki hubungan jangka panjang. Pria yang masih muda cenderung merasa tertarik dengan sahabat perempuannya, dan berniat mengencaninya, tak peduli sahabatnya tersebut lajang atau tidak. Kemudian, para pria muda ini yakin bahwa sahabat perempuan mereka diam-diam suka pada mereka, padahal tidak (ini namanya ge-er!).

Di lain pihak, perempuan muda bisa saja tertarik pada sahabat prianya, bahkan mereka bisa lebih dulu merasa suka. Tetapi, mereka mendadak jadi ilfil jika mendapati sahabat pria mereka sudah memiliki pasangan. Boleh jadi, para perempuan tak ingin merusak hubungan sahabat pria mereka dengan pasangannya masing-masing. Atau, menyadari bahwa sahabat pria tersebut “sudah ada yang punya” saja sudah membuat mereka tak tertarik lagi.

Sementara itu, pria dan wanita usia paruh baya umumnya merasakan kadar ketertarikan yang sama satu sama lain. Namun, ketertarikan pria paruh baya terhadap sahabat perempuan mereka jauh lebih rendah kadarnya daripada pria-pria muda. Kecuali, jika pria paruh baya tersebut masih bujangan.

Rata-rata responden menyatakan kenyamanan dalam berteman dengan lawan jenis. Responden mengatakan bahwa mereka sering mendapat nasihat yang baik, dan rasa percaya dirinya jadi meningkat, berkat pertemanan dengan lawan jenis tersebut. Hanya saja, jika salah satu dari mereka mulai jatuh cinta pada sahabatnya, dan memendam saja perasaan tersebut, hal itu malah dianggap merugikan ketimbang menguntungkan.

 

 

Sumber: http://bit.ly/N14NbM

One thought on “Pria & Wanita Tak Mungkin Berteman Saja

  1. imaz says:

    Pria lebih muda cenderung tidak jujur jika suka pada teman wanitanya bila mereka tahu bahwa teman wanitanya sudah punya pacar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: