Happiness Diet, Turunkan Berat Badan Tanpa Stres

Leave a comment

Jul 27, 2012 @ 14:28 by tanya gooogle

Tak jarang orang mengalami stres atau ketidakstabilan emosi saat menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Banyak pelaku diet yang gagal mempertahankan berat tubuh idealnya karena tak sanggup menahan godaan makanan favorit yang kebanyakan berlemak, bergula dan berkalori tinggi.

Namun kini diet tak lagi terasa berat berkat ditemukannya pola manajemen makan yang disebut Happiness Diet. Pemikiran dasar dari diet yang dikembangkan Tyler G. Graham dan Drew Ramsey ini terfokus pada jenis makanan yang Anda konsumsi. Ada makanan yang berfungsi menstabilkan mood, menambah konsentrasi, meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi lemak tubuh.

Dalam bukunya yang berjudul ‘The Happiness Diet: A Nutritional Prescription for a Sharp Brain, Balanced Mood, and Lean, Energized Body’, Tyler dan Drew menjelaskan bagaimana menjalankan diet sehat dan seimbang yang berdampak pada penurunan berat badan tanpa harus mengalami stres. Buku tersebut menguraikan, yang membuat kebanyakan pelaku diet stres adalah kekurangan asupan nutrisi penting yang bisa memicu mood negatif dan membuat emosi tidak stabil. Apa saja nutrisi penting yang harus dikonsumsi ketika menjalani happiness diet?

1. Yodium
Kekurangan yodium akan mengakibatkan kinerja kelenjar thyroid terganggu. Hal tersebut bisa mengakibatkan menurunnya daya ingat, tingkat energi rendah, depresi, kenaikan berat badan, kemandulan hingga penyakit jantung. Ketika seseorang mengalami gangguan thyroid, semua aktivitas keseharian bahkan yang paling ringan sekalipun akan terasa berat. Akibatnya, Anda akan merasa lemas tiap saat dan enggan bergerak sehingga memicu kegemukan.

2. Kalsium
Kalsium dikenal sebagai nutrisi yang memicu rasa senang. Kekurangan kalsium bisa menyebabkan kelelahan, lekas marah, depresi dan gangguan ingatan. Kurang kalsium juga membuat wanita lebih mudah menjadi gemuk dan rentan mengalami PMS.

3. Magnesium
Jenis mineral ini bermanfaat merelakskan pikiran dan urat syaraf dan meningkatkan kesehatan mental. Magnesium juga dikenal bisa membantu proses pengobatan pada penderita depresi. Kekurangan magnesium dalam diet bisa mengakibatkan insomnia, kelelahan dan depresi.

4. Vitamin D
Pastikan Anda mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup agar tubuh lebih sehat. Sinar matahari membantu mengubah kolesterol di dalam kulit menjadi vitamin D yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kekurangan Vitamin D bisa menyebabkan depresi dan demensia.

5. Serat
Serat merupakan peningkat mood yang sangat efektif dan mempercepat penurunan berat badan dengan cara membuat perut terasa kenyang lebih lama. Nutrisi yang banyak terkandung pada sayuran, buah dan gandum utuh ini juga mengurangi peradangan, peningkatan gula darah dan insulian. Diet yang kurang serat bisa menimbulkan depresi dan berbagai masalah kesehatan mental.

Bagaimana cara menjalankan Happiness Diet? Ini tipsnya seperti dikutip dari Health Me Up:

– Kurangi konsumsi makanan olahan atau makanan dalam kemasan. Selain ‘miskin’ nutrisi, makanan olahan juga tinggi gula atau garam yang mengakibatkan terjadinya penyusutan bagian-bagian dalam otak yang bertugas mengatur mood.

– Bertemanlah dengan buah-buahan, sayuran dan gandum utuh. Makanan ini kaya akan vitamin, phytonutrient dan mineral –beberapa elemen penting yang membantu meningkatkan fungsi otak, berkaitan dengan rasa bahagia.

– Konsumsilah daging dari ternak yang diberi pakan rumput. Daging jenis ini kaya akan asam lemak omega-3 yang memicu otak untuk membentuk koneksi baru.

– Variasikan menu makanan harian Anda. Semakin variatif jenis makanan, otak akan lebih mampu memperoleh nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan mood positif.

 

 

Sumber: http://bit.ly/O3TdNY

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: