TIPS: Cegah Dehidrasi Kala Berpuasa

Leave a comment

Jul 26, 2012 @ 13:48 by tanya gooogle

Selama Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia wajib menjalankan puasa. Nah, selama puasa asupan cairan pasti berkurang. Hasilnya, tubuh jadi lemas dan mengalami dehidrasi. Apa yang sebaiknya kita lakukan? Berikut adalah tips sederhana dalam mencegah dehidrasi selama menunaikan ibadah puasa, menurut healthycan.

1. Kurangi asupan kafein. Kafein membuat tubuh semakin dehidrasi. Alhasil, Anda semakin cepat haus deh.

2. Makanan yang mengandung banyak cairan. Anda bisa memilih jenis makanan yang memiliki kandungan air yang tinggi. Misalnya, semangka, melon, mentimun, dan tomat.

3. Perbanyak minum air setelah berbuka dan sahur. Yah, jangan langsung berlebihan! Perlahan namun teratur.

Yuk kenali gejala umum dari dehidrasi, berikut diantaranya.
1. Lesu
2. Merasa kelelahan
3. Pusing
4. Pingsan
5. Kejang otot
6. Tekanan darah rendah
7. Sembelit

Puasa itu menyehatkan tubuh lho. Namun, kita juga harus tahu cara menjaga kesehatan selama menjalankannya. Bulan suci Ramadan memberi berkah untuk setiap muslim di seluruh dunia. Jadi, selalu jaga asupan makanan bergizi dan rajin berolahraga selama berpuasa.

 

 

Sumber: http://bit.ly/Mc4fAg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: