Aplikasi ‘Pantau Macet’ LewatMana Sambangi BlackBerry

Leave a comment

Jul 26, 2012 @ 14:33 by tanya gooogle

Aplikasi informasi lalu lintas, LewatMana, melebarkan akses layanannya untuk perangkat BlackBerry. Pengguna ponsel besutan Research In Motion (RIM) kini bisa mengunduh aplikasi tersebut di Blackberry App World sejak dua minggu lalu.

Respons terhadap aplikasi LewatMana sejauh ini terbilang menjanjikan. Ia sudah diunduh sekitar 28.000 kali. Ya, informasi seputar lalu lintas khususnya titik-titik kemacetan sangat diperlukan di Jakarta dan kota-kota besar Indonesia lainnya.

Dengan aplikasi ini diharapkan pengguna jalan dapat lebih mudah untuk mendapatkan informasi kondisi lalu lintas di beberapa daerah khususnya di Jabodetabek, Bandung, Bali dan Surabaya.

Beberapa kelebihan aplikasi ini adalah mampu mengakses CCTV lalu lintas melalui Blackberry. Fitur ini menggunakan fasilitas GPS yang sudah tersedia di hampir seluruh perangkat Blackberry. Pencarian 100 CCTV juga dapat diakses melalui fitur pencarian berdasarkan kota dan nama/lokasi CCTV.

Data lalu lintas melalui CCTV dapat ditampilkan dalam bentuk gambar tetap (image) atau video. Image tersebut diupdate setiap 30 detik hingga 1 menit sehingga diklaim dapat dengan ringan dan cepat diakses melalui jaringan EDGE/GPRS.

Sementara untuk rekaman video akan diperbaharui setiap 3 menit yang direkomendasikan untuk diakses melalui jaringan 3G/HSDPA atau WiFi. Enaknya, menampilkan video tidak dikenakan tarif streaming, melainkan gratis termasuk di paket BIS.

Video yang ditampilkan akan menunjukan klip rekaman video terakhir (3 menit yang lalu) dengan durasi 10-15 detik yang secara otomatis diputar ulang (auto reply) untuk mempermudahkan pengguna.

Video akan stop pada waktu pengguna menekan tombol ‘back’. Selain itu juga tersedia fitur ‘share’ untuk berbagi informasi CCTV ini ke teman-teman dan keluarga melalui BlackBerry Messanger (BBM) atau Twitter.

Informasi lalu lintas juga tersedia melalui media text yang di-update oleh tim operator dan juga oleh sesama pengguna aplikasi LewatMana atau pengguna Twitter lewatmana. Seperti halnya info lalu lintas dari CCTV, laporan kondisi lalu lintas juga dapat dibagikan ke teman-teman dan keluarga melalui fitur ‘Share’ ke BBM dan Twitter.

Selain informasi trafik di atas, LewatMana juga bekerjasama dengan CariPromo.com untuk menyediakan informasi promosi yang tersedia di berbagai lokasi dan mall.

“Harapan kami bahwa Apps ini dapat menjadi berguna bagi pengguna jalan yang sering berada di jalan dan dapat dengan mudah mengakses informasi lalu lintas sehingga dapat menghindari kemacetan sebelum terjebak,” tukas penyedia aplikasi LewatMana.

Selain itu, menjelang Hari Raya Idul Fitri H-15 sampai H+15 LewatMana juga akan menambah sejumlah CCTV di jalur Pantai Utara dan Selatan untuk memudahkan pemantauan kondisi lalu lintas sehingga dapat membantu pengguna jalan melakukan perencanaan perjalanan dengan lebih baik.

 

Sumber: http://bit.ly/Nw9U8N

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: