Agar Kenyang Lebih Lama, Pilih Makanan Ini

Leave a comment

Jul 26, 2012 @ 13:30 by tanya gooogle

Dalam menghadapi bulan Ramadhan ini, umat Islam tak bisa dipisahkan dari kegiatan makan sahur. Sahur berfungsi mempersiapkan energi bagi tubuh agar kuat dalam menjalani aktifitas saat berpuasa.

Agar tubuh terpenuhi kebutuhannya, pakar gizi menganjurkan untuk memperbanyak makanan berserat dan tinggi protein saat makan sahur, agar stamina lebih prima dan rasa lapar tak begitu mengganggu.

Berikut adalah jenis hidangan sahur yang bisa membuat rasa kenyang lebih lama bertahan di perut;

Sayur-sayuran dan buah-buahan. Serat dalam sayuran dan buah tergolong jenis karbohidrat kompleks yang sulit dicerna, tapi dibutuhkan oleh tubuh untuk sistem metabolisme. Itu yang membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu, berbagai jenis vitamin dan mineral dalam sayuran akan membuat tubuh lebih segar walau dalam keadaan puasa.

Daging tanpa lemak. Serat dan kandungan protein yang tinggi dalam daging tanpa lemak dapat membuat lambung lebih butuh waktu lama saat mencerna. Hasilnya, perut akan terasa kenyang hingga tengah hari.

Ikan. Ikan yang diolah tanpa menggorengnya, akan sangat baik bagi sumber protein tubuh. Omega 3 pada ikan baik untuk otak dan meningkatkan daya pikir, tanpa membuat perut cepat lapar.

Susu kedelai dan kacang hijau. Kedua jenis minuman ini kaya protein dan serat. Baik untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama, juga dibutuhkan oleh tubuh untuk energi saat beraktifitas.

 

 

Sumber: http://bit.ly/MpW8D1

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: