Merokok di kantor, sumber inspirasi?

Leave a comment

Jul 25, 2012 @ 11:19 by tanya gooogle

Merokok di Indonesia seperti sudah menjadi kebudayaan. Meski ada aturan mengenai pelarangan merokok di tempat umum, namun sepertinya hal itu sering diabaikan. Bahkan di tempat kerja, kebiasaan merokok kerap menjadi hal yang wajar.

Pasalnya, sebagian besar perokok merasakan dengan merokok mereka dapat mendapatkan inspirasi untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberikan, ataupun beberapa pendapat lain mengatakan bahwa dengan merokok tingkat stres mereka dalam menghadapi pekerjaan jauh berkurang. “Kalau tidak merokok saat ada kegiatan, maka inspirasi seperti tidak datang,” ujar Try Ramadhan.

Kebiasaan merokok juga umumnya dilakukan di kalangan pekerja atau karyawan perusahaan pada waktu jam kerja masih berlangsung, hal ini sering kali menimbulkan tanggapan dari para karyawan yang tidak merokok akan pemanfaatan waktu kerja yang tidak pada tempatnya yang dilakukan oleh rekan kerjanya yang merokok. Karena para perokok juga akan merugikan orang-orang yang tidak merokok.

Kalau dilihat secara obyektif, kegiatan merokok dapat mempengaruhi kinerja perusahaan karena waktu efektif bekerja yang seharusnya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan malah digunakan untuk merokok, padahal waktu istirahat sudah disediakan oleh pihak kantor untuk para karyawan sejenak beristirahat.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh JobStreet.com terhadap 3.485 anggota setianya mengatakan bahwa sebanyak 74.6% karyawan di kantornya masih merokok pada jam kerja dan sebanyak 58.1% mengatakan merokok pada jam kerja mempengaruhi kinerja perusahaan, bahkan sebanyak 82.2% anggota yang mengikuti survei ini mengatakan sudah sewajarnya dibuat larangan merokok pada jam kerja.

Jadi, tidak pantas  untuk perokok menghargai orang-orang yang tidak merokok, karena kegiatan merokok di jam kerja tidak diperbolehkan karena selain mengurangi waktu efektif kerja juga menimbulkan kecemburuan dari rekan – rekan kerja yang tidak merokok, selain itu merokok memang dapat merusak kesehatan baik diri sendiri maupun untuk  orang yang tidak merokok tapi menghisap asap rokok tersebut.

Sumber: http://bit.ly/LHpyee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: