4 Kesalahan Belanja yang Bikin Boros

Leave a comment

Jul 25, 2012 @ 10:37 by tanya gooogle

Belanja takkan merusak kondisi finansial Anda, jika dilakukan dengan cara cermat dan tepat. Termasuk mengubah kebiasaan yang berpotensi membuat Anda lebih boros saat berbelanja.

1. Tidak mencoba
. Saking terpesona dengan modelnya, kadang kita suka malas atau lupa mencoba dress, sepatu, atau tas yang mau kita beli. Padahal belum tentu cocok. Jadi, saat membeli sepatu, cobalah berjalan setidaknya selama dua menit untuk merasakan kenyamanannya. Untuk pakaian dan tas, pakai dan lihat penampakannya di kaca.

2. Malu menolak. Terpaksa membeli karena tidak enak pada penjaga toko malah membuat kita tidak puas dan ingin membeli model lain. Padahal, Anda hanya perlu bilang kalau model itu tidak pas untuk tubuh kita, selesai!

3. Beli karena diskon. Diskon up to 70 persen memang menggiurkan, tapi tanya ulang pada diri sendiri apa kita membutuhkannya atau tidak. Kejadian ini dikenal dengan istilah spaving, yaitu menghamburkan uang dengan dalil berhemat.

4. Menganggap kartu kredit sebagai uang tambahan.
 Alhasil seringkali kita kebablasan. Beberapa pakar keuangan menyarankan untuk menggunakan kartu kredit maksimal 20 persen dari gaji pokok. Misalnya gaji pokok kita Rp 4 juta, maka batas aman pakai kartu kredit sebulan ialah Rp 800.000.

 

 

Sumber:http://bit.ly/MUPIuA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: