Mengenal Jenis Kurma

Leave a comment

Jul 24, 2012 @ 8:54 by tanya gooogle

Sejak ribuan tahun lalu, kurma menjadi makanan pokok yang populer di Timur Tengah. Diyakini, pohon kurma ini berasal dari Teluk Persia, dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno, dari Mesoptamia ke prasejarah mesir.

Dahulu, bangsa Mesir kuno menggunakan buah kurma untuk dibuat anggur dan dimakan. Di kemudian hari, kurma disebarluaskan dan dibawa orang Arab ke daerah Asia, Afrika, Spanyol dan Italia.

Kurma matang menurut pasar dunia, dibagi menjadi empat yang dengan menggunakan penamaan Arab disebut, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari). Nah, dari empat golongan tersebut, ada 10 jenis kurma yang populer di dunia, seperti:

Kurma Ajwah
Kurma ini kebanyakan tumbuh di kota Medinah, Saudi Arabia. Merupakan kurma yang sangat populer dan kabarnya favorit Nabi Muhammad SAW.

Kurma Amir Haji atau Amer Hajj
Kurma yang satu ini berasal dari Irak. Kulit dan dagingnya sangat lembut dan tebal. Kurma Amer Hajj juga sering dikenal sebagai ‘welcome kurma’ karena pada umumnya dihidangkan untuk menyambut tamu.

Kurma Deglet Noor
Seperti namanya, ‘Noor’, kurma ini warnanya kuning keemasan hampir seperti sinar matahari. Kurma ini adalah varietas unggul dan sangat terkenal di Libya, Algeria, Amerika dan Tunisia. Umumnya, ia tidak terlalu kering dan rasanya juga tak terlalu manis.

Kurma Holwah atau Halawi
Dalam bahasa Arab, Holwah artinya manis. Seperti namanya, kurma ini memang rasanya sangat manis. Dan rasa manisnya melebihi kurma-kurma pada umumnya. Kurma Halawi ukurannya beragam ada yang kecil hingga sedang.

Kurma Mozafati

Kurma yang dikembangkan di daerah Mozafati ini warnanya gelap, lembut dan ukurannya sedang. Kurma jenis ini usia simpannya tahan lama, sehingga tak harus habis sekali makan. Bila di simpan di suhu -5 derajat celcius, kurma ini bisa bertahan hingga 2 tahun lho.

Kurma Saidy
Kurma Saidy adalah kurma yang populer di daerah Libya. Daging buahnya sangat lembut dan rasanya manis.

Kurma Sekkeri
Termasuk kurma yang mahal dan tumbuh di daerah Saudi Arabia. Warnanya cokelat gelap, daging buahnya sangat manis dan lembut. Berbeda dengan kurma lainnya, rasanya khas dan istimewa.

Kurma Thoory atau Thuri
Kurma yang daging buahnya agak kering ini sangat populer di Algeria. Warnanya sedikit cokelat kemerahan, kulitnya kering keriput. Terkadang saking keriputnya kulitnya jadi agak keras. Namun, rasanya manis dan hampir mirip dengan kacang.

Kurma Umelkhashab
Adalah kurma yang berasal dari Saudi Arabia. Rasanya unik, karena ada kombinasi manis dan pahitnya. Warnanya juga agak berbeda dari yang lain, sedikit kemerahan.

Kurma Zaghloul

Kurma yang satu ini bentuknya panjang dan agak lonjong. Warnanya merah gelap dan sangat manis. Istimewanya, rasa manis dari kurma ini masih melekat di lidah. Kurma ini termasuk varietas kurma yang eksklusif dan harganya mahal di Mesir. Bahkan, hanya orang-orang tertentu saja yang mengonsumsinya.

Di antara 10 kurma tadi, mana yang menjadi favorit Anda?

 

Sumber: http://bit.ly/MBHnwI

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: