3 Tipe Cemburu, yang Manakah Anda?

Leave a comment

Jul 24, 2012 @ 13:34 by tanya gooogle

Banyak orang bilang cemburu adalah bumbu cinta. Namun dalam rasa cemburu ada tiga “wajah” yang dapat merusak hubungan dalam kehidupan Anda. “Tiga ‘wajah’ cemburu ini mewakili tiga cara cemburu dalam merusak semua jenis hubungan,” ungkap Johanna Lyman, dalam artikelnya yang berjudul The 3 Types of Jealousy and How to Deal.

1. Kecemburuan cinta
Tipe pertama dari rasa cemburu ini sangat berhubungan dengan aspek kebencian. Kebencian merupakan salah satu bagian dari kemarahan, dan ekspresi rasa takut. Dalam hubungan percintaan, kecemburuan muncul karena rasa takut kehilangan seseorang dari hidup Anda. Namun, coba pertimbangkan sekali lagi, apakah kecemburuan Anda mencerminkan ekspresi ketakutan bahwa pasangan tidak dapat dipercaya? Ataukah ketakutan tersebut hanya ada dalam pikiran Anda, sehingga membutakan segala perbuatan Anda?

Terlalu sering cemburu pada akhirnya akan menciptakan bayangan yang selama ini justru Anda takuti, yaitu berakhirnya hubungan.

2. Kecemburuan pekerjaan

Tipe kedua pada cemburu sangat berhubungan dengan fungsi kognitif seseorang. Salah satunya adalah dengan sulitnya menggali ide atau gagasan sebagai salah satu tuntutan kerja. Dari yang semula hanya berkaitan dengan pekerjaan, akhirnya merembet dalam kehidupan pertemanan, yaitu ketika Anda menyadari teman lebih pintar menggali ide-ide.

“Seringkali kita merasa cemburu pada rekan kerja atau kesuksesan orang lain,” tambahnya. Cemburu pada rekan kerja bisa mengganggu pekerjaan, dan menghambat munculnya ide-ide cemerlang akibat pikiran Anda terlalu sibuk memikirkan kesuksesan orang lain.

Kecemburuan ini membuat Anda jadi berpikir bahwa orang lain selalu lebih sukses, sementara hidup Anda lebih sial atau lebih buruk. “Daripada cemburu, lebih baik ikut saja berbahagia dengan orang lain. Anggap saja hal-hal baik yang tersedia bukan hanya untuk mereka, tapi juga untuk Anda. Hanya mungkin, Anda butuh usaha yang lebih keras,” tukasnya.

Cobalah untuk mengubah rasa cemburu ini dengan memotivasi diri agar bisa lebih sukses dan berhasil dengan cara yang positif.

3. Kecemburuan pribadi

Tipe cemburu yang ketiga merupakan wujud ketika Anda tidak menghormati dan menyalahkan diri sendiri. Ketika iri dengan orang lain, Anda menganggap bahwa mereka tidak lebih baik daripada Anda. Ketika cemburu dengan si dia, Anda berpikir bahwa mereka tidak puas dengan Anda. Semua ini mengirimkan pesan, Anda tidak cukup puas dengan menjadi diri sendiri karena selalu memiliki kekurangan. Padahal, Anda sebenarnya memiliki kelebihan, atau keunikan tersendiri. Hindari rasa tak pernah puas ini, berhentilah menyalahkan diri sendiri atas berbagai kekurangan atau hal buruk yang terjadi.

 

 

Sumber: http://bit.ly/PD3EeB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: