Do’s & Don’ts Saat Sahur Agar Puasa Tidak Lemas

Leave a comment

Jul 23, 2012 @ 9:14 by tanya gooogle

Ingin tetap segar dan kuat seharian selama menjalani puasa? Mulailah dengan makan sahur yang sehat dan bernutrisi baik. Seperti apa makan sahur yang sehat itu, praktisi gaya hidup sehat dr. Phaidon L. Toruan berbagi tipsnya kepada wolipop, saat berbincang lewat telepon pada Rabu (19/07/2012).

1. Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks energi levelnya stabil dan meningkatkan gula darah secara perlahan sehingga tubuh tidak kaget atau shock. Peningkatan gula darah yang perlahan, penurunannya juga perlahan sehingga tubuh tidak mudah lemas. Karbohidrat kompleks juga lebih lama dicerna tubuh sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Jenis karbohidrat ini bisa didapat dari nasi merah, oatmeal, sayuran dan umbi-umbian. Jadi sebagai makanan pokok, sebaiknya ganti nasi putih dengan nasi merah.

2. Protein Sehat
Anda bisa bebas memilih makanan yang diinginkan sebagai sumber protein seperti ayam, ikan, telur atau daging. Tapi perhatikan cara pengolahannya. dr. Phaidon mengingatkan, sebisa mungkin hindari makanan yang digoreng karena lemak dari minyak bisa membuat Anda mudah mengantuk. Masaklah makanan dengan cara direbus, kukus, pepes atau panggang.

3. Perbanyak Buah-buahan
Buah kaya vitamin dan mineral dan memiliki efek ‘listrik’ yang berfungsi mengubah cadangan makanan sebagai sumber energi serta membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi tiga porsi buah seperti pisang, jeruk atau apel sebelum makan nasi.

“Tapi ingat untuk mengonsumsi buah lokal, karena buah impor sekarang ini ada yang mengandung formalin dan justru membahayakan tubuh,” ujar penulis buku ‘Fat Loss Not Weight Loss’ ini.

4. Cukupi Asupan Air
Menurut dr. Phaidon, kunci utama agar tetap segar selama berpuasa adalah mencukupi asupan cairan tubuh. Air putih adalah pilihan yang baik, tapi Anda bisa mengombinasikannya dengan jus buah alami yang diblender.

5. Konsumsi Suplemen Makanan
Jika Anda memiliki dana lebih, disarankan untuk mengonsumsi suplemen makanan sebagai tambahan energi. Pilih suplemen yang lengkap kandungan vitamin, mineral dan omega-3 agar energi tetap terjaga hingga menjelang buka puasa.

6. Hindari Gula
Anda terbiasa meminum teh manis setelah sahur? Mulai sekarang, tinggalkan kebiasaan itu. Mengonsumsi gula hanya akan membuat tubuh cepat lemas. Gula memang bisa memberi tambahan energi dengan instan, tapi menurut dr. Phaidon, itu adalah energi palsu.

“Gula membuat kadar gula darah cepat naik, tapi cepat juga turunnya. Akibatnya tubuh jadi cepat lemas. Sebaiknya minum jus buah alami tanpa gula,” tuturnya.

Sumber: http://bit.ly/MUZwRZ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: