Lawan bakteri ‘superbug’ dengan teh

Leave a comment

Jul 20, 2012 @ 10:28 by tanya gooogle

Penelitian menunjukkan daun teh berkhasiat melawan bakteri superbug atau dikenal bakteri C.diff yang kini tengah mengancam penduduk dunia.

Pengujian telah menunjukkan bahwa bahan kimia dalam daun teh bisa menghancurkan superbug, yang membunuh 3.000 orang per tahun, seperti dilansir dari the sun.

Seperti diketahui WHO beberapa tahun lalu telah memerintahkan negara-negara di dunia untuk mengantisipasi adanya bakteri jenis baru yaitu superbug yang kebal akan antibiotik.

Sekarang peneliti ingin mengembangkan ‘supertea’ antibakteri. Ini akan diberikan kepada pasien untuk menangkal C.diff, yang menjadi semakin resisten terhadap antibiotik.

Dari document penelitian diungkapkan bahwa bahan kimia dalam daun teh yang disebut polyphenols, bisa melawan bakteri itu. Sehingga disarankan mengkonsumsi setidaknya secangkir teh dalam sehari.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Cardiff telah menguji coba 33 jenis teh untuk melihat yang terbaik. Prof Les Baillie yang telah mempelajari menemukan bahwa teh hijau ternyata memiliki dampak lebih kuat daripadateh hitam.

Minuman ini juga sudah dikenal untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

“Kami telah melakukan beberapa pekerjaan awal tentang sarapan teh standar dan menemukan bahwa ia membunuh bakteri,” kata Prof Baillie.

“Ini berkembang bahwa difficile clostridium juga rentan terhadap teh karena merupakan penyakit usus berbasis.” Peneliti McCully Will menambahkan: “Teh adalah salah satu minuman paling banyak dikonsumsi di dunia – dan di Inggris kita minum cangkir lebih per kepala daripada di negara lain.

 

 

 

Sumber: http://bit.ly/LZzdAe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: