Cara & Manfaat Mengurangi Kecanduan Teknologi Bagi Kesehatan

Leave a comment

Jul 20, 2012 @ 9:54 by tanya gooogle

img

Banyak penelitian yang menunjukkan dampak negatif dari kecanduan teknologi. Mulai dari mata lelah sampai paparan radiasi. Lalu bagaimana cara mengurangi kecanduan teknologi?

Seperti yang dikutip dari Prevention Internasional, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa radiasi telepon genggam berakibat buruk terhadap tubuh manusia. Radiasi tersebut bisa meningkatkan risiko terkena tumor telinga, kanker otak dan mengurangi jumlah sperma hingga 30 persen.

Selain telepon genggam, layar komputer atau laptop juga memberikan efek negatif pada kesehatan seseorang, terutama mata. Fokus pada layar monitor terlalu lama bisa menyebabkan mata tegang dan lelah. Tampilan layar komputer yang terlalu terang juga bisa mempercepat kelelahan pada mata.

Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengurangi pemakaian teknologi. Menurut Larry Rosen, PhD, penulis ‘iDisorder: Understanding Our Obsession with Technology and Overcoming Its Hold on Us’, Anda tak perlu menyingkirkan gadget selamanya, tetapi lakukan beberapa tips di bawah ini:

1. Buat Batasan
Membawa smartphone kemanapun Anda pergi akan merangsang otak untuk selalu melihatnya. Dr Rosen menyarankan untuk membuat jadwal ‘istirahat dari teknologi’. Misalnya, taruh telepon genggam dengan mode ‘silent’ ketika sedang makan malam, dan baru akan melihatnya kembali setelah selesai makan. Mengetahui bahwa Anda akan mengecek handphone usai kegiatan, akan membuat pikiran lebih tenang dan tak obsesif.

2. Go Green
Menurut Dr Rosen, otak yang secara konstan terganggu oleh dampak negatif dari teknologi dapat memengaruhi kualitas tidur hingga tingkat produktivitas di kantor.

“Jauhi otak Anda dari gangguan itu dengan melakukan jalan santai selama 15 menit di taman, atau melihat buku yang berisi foto-foto pemandangan,” sarannya.

3. Temukan Kesenangan Anda
iphone Anda memiliki fungsi sebagai stimulus pada otak, yang meningkatkan hormon ‘senang’ dopamin dengan memeriksanya terus menerus sehingga membuat Anda kecanduan. Dr Rosen menyarankan untuk melatih otak agar mau melakukan kegiatan lain yang membuat Anda bahagia. Misalnya, bersepeda, window shopping, melukis atau memasak, dan bukannya mengecek handphone tiap saat.

 

 

 

 

Sumber: http://bit.ly/O1rHmr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: