TIPS: 5 langkah agar kuman lap dapur tidak menyebar

Leave a comment

Jul 19, 2012 @ 8:30 by tanya gooogle

Setelah mencuci piring, Anda biasa menggunakan kain lap untuk mengeringkannya. Tak jarang lap itu juga dipakai untuk membersihkan tumpahan air. Tetapi, tahukah Anda kalau bakteri suka bersarang di lap dapur?

Menurut penelitian terbaru, para ilmuwan menemukan Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus(MRSA), E. coli, dan bakteri lainnya dalam lap dapur. Kain lap tersebut merupakan tempat yang paling banyak ditumbuhi bakteri, selain wastafel dan toilet. Agar bakteri tidak menyebar ke seluruh benda di dalam rumah, berikut cara mengatasinya seperti yang dikutip dari SheKnows.

1. Bedakan Lap untuk Piring dan Tangan
Sebagian besar bakteri yang ditemukan dalam dapur berasal dari kedua tangan Anda. Agar piring bersih dan tidak terkontaminasi kuman dan bakteri, sediakan dua lap. Pilih dua warna yang berbeda atau menggantungkan handuk tidak pada tempat yang sama, sehingga membantu keluarga mengetahui di mana mereka harus mengeringkan tangan atau piring setelah dicuci.

2. Sediakan Lap Sendiri untuk Bersihkan Sisa Daging
Bakteri berbahaya yang terkandung dalam daging dapat menyebar ke makanan lain atau tangan Anda melalui lap dapur. Bakteri yang tak kalah banyak juga ditemukan di daging ayam karena biasanya dagin tersebut dicuci dengan air klorin sebelum dijual ke supermarket.

“Jangan sepelekan bakteri yang ada di daging ayam,” tutur Alexandra Zissu, penulis ‘The Conscious Kitchen’. Jadi, sediakan lap sendiri untuk bersihkan tumpahan irisan daging ayam dan segera meletakkan lap dalam cucian kotor.

3. Jangan Bersihkan Wastafel Memakai Lap Dapur
Menurut studi dari Universitas Arizona, wastafel pencuci piring merupakan tempat kedua yang banyak mengandung bakteri setelah toilet. Maka dari itu, pakai spons atau lap kertas (bukan lap piring) untuk membersihkan wastafel. Setelah wastafel Anda bersih, cuci spons secara keseluruhan untuk membunuh bakteri berbahaya.

4. Hindari Pemakaian Lap yang Ditetesi dengan Produk Pembersih
Hampir sama dengan bakteri dalam daging, Anda akan mengalami kontaminasi silang bila lap ditetesi dengan produk pembersih yang cukup ‘berat’. Jika Anda memakai produk pembersih saat membersihkan meja atau barang lainnya, kemudian langsung mengeringkan tangan, bakteri atau kuman bisa mencemari tangan Anda dengan sisa produk tersebut. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mencuci tangan hingga bersih setelah membersihkan peralatan rumah tangga.

5. Jangan Letakkan Lap di Meja Dapur
Jangan letakkan lap pengering tangan atau piring bersih di atas meja dapur. Ingat, bakteri tumbuh di berbagai tempat lembab dan lap tidak mengering dengan cepat. Jika menaruh kain lap di atas meja, Anda tidak tahu apakah kuman yang ada pada tumpahan daging, produk pembersih, atau susu, berpindah ke lap tersebut. Agar tubuh tetap sehat dan tidak terkontaminasi bakteri yang membandel, sebaiknya gantungkan lap dapur basah pada kail atau paku.

 

 

 

 

Sumber: http://bit.ly/MtjsOn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: