Ketika Gigi Si Kecil Mulai Goyang & Tanggal

Leave a comment

Jul 19, 2012 @ 15:41 by tanya gooogle

Gigi yang tanggal merupakan bagian dari proses pertumbuhan anak. Sebagai orangtua, tentu Anda harus siap menghadapi proses ini. Bagaimana mengatasi masalah gigi tanggal ini?

Dikutip Baby Center, gigi pada balita sudah seharusnya tanggal dan kemudian diganti dengan gigi permanen. Proses ini berlangsung pada usia anak sekitar enam tahun, bisa lebih awal atau lebih lama. Banyak dari orangtua yang mengkhawatirkan rasa sakit yang akan dirasakan oleh si kecil. Tetapi perlu Anda ketahui kebanyakan dari proses tanggalnya gigi susu pada anak tidak menimbulkan rasa sakit.

Dalam pelajaran Biologi kita mengenal adanya beberapa macam jenis gigi, dan begitupun urutan tumbuh gigi. Pertama yang akan muncul adalah gigi seri bagian bawah yang diikuti gigi seri bagian atas dan gigi-gigi lainnya. Yang pertama tumbuh itulah yang tanggal dahulu.

Gigi susu atau gigi non-permanen tanggal karena gigi permanen telah siap dan mendorong gigi susu keluar dari gusi. Apabila anak Anda yang berusia empat tahun gigi susunya telah tanggal sebaiknya konsultasikan kedokter, karena kemungkinan ada kesalahan dalam proses pertumbuhan gigi, begitupun bila terlalu lama tanggal.

Ketika gigi anak mulai goyang janganlah segera mencabutnya, biarkan sampai benar-benar goyang dan lepas dengan sendirinya. Apabila Anda memaksakan untuk mecabut gigi tersebut maka akar yang belum siap akan rentan terkena infeksi. Jika anak mengeluhkan rasa sakit di bagian belakang, maka kemungkinan itu disebabkan karena gigi graham sedang dalam proses pertumbuhan. Bila rasa sakitnya sangat mengganggu berikan obat penahan rasa sakit yang dianjurkan oleh dokter.

Gigi baru tumbuh terkadang tidak terlalu lama setelah gigi sebelumnya tanggal. Tapi ada juga anak yang gigi barunya cukup lama baru muncul setelah tanggal. Bila sudah terlalu lama Anda bisa konsultasi ke dokter gigi untuk melihat bibit giginya ada atau tidak. Gigi baru yang muncul akan terlihat tidak terlalu putih dari gigi pertamanya, tapi itu tidak menjadi masalah. Gosok gigi dengan menggunakan pasta gigi yang tidak mengandung flouride sangat disarankan untuk menghidari tertelannya air kumur setelah menyikat gigi. Gantilah sikat gigi dua atau tiga bulan sekali untuk menghindari berkembangnya bakteri pada sikat gigi.

Sumber: http://bit.ly/OqY3GV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: