Ayah Penyayang Bikin Anaknya Berperilaku Lebih Baik

Leave a comment

Jul 19, 2012 @ 14:18 by tanya gooogle

Tumbuh kembang anak tak bisa dilepaskan dari peranan kedua orangtua. Meskipun ibu lebih memahami berbagai aspek tentang perkembangan anak, ternyata peranan ayah tak bisa diabaikan begitu saja.

Hal ini bisa dilihat dari hasil sebuah studi baru yang menyatakan bahwa tingkat kedekatan ayah dengan anak-anaknya di bulan-bulan pertama pasca kelahiran bisa jadi berpengaruh terhadap perkembangan perilaku anak saat dewasa nanti.

Tak hanya bermanfaat bagi perkembangan anak, kondisi ini juga berpengaruh terhadap karakteristik ayah itu sendiri. Ayah yang banyak terlibat dengan segala aktivitas tumbuh kembang anaknya akan mengalami lebih sedikit masalah dalam 12 bulan pertama, sebaliknya ayah yang jarang bercengkerama dengan anaknya cenderung kurang stabil dan lebih mudah terganggu, bahkan oleh keberadaan anaknya sendiri.

Studi ini merupakan yang pertama kalinya mengamati awal mula masalah perilaku pada anak pada usia yang masih sangat muda atau sebelum tiga bulan dan menunjukkan bahwa adanya intervensi di awal masa tumbuh kembang anak dapat mencegah munculnya masalah perilaku di kemudian hari.

Temuan ini didasarkan pada sebuah studi terhadap 192 keluarga dari dua unit bersalin di Inggris. Hasil studinya telah dipublikasikan dalam Journal of Child Psychology and Psychiatry.

Selain itu, penelitian yang dipimpin oleh Paul Ramchandani dari University of Oxford tersebut menemukan interaksi dengan ayah cenderung lebih penting dan lebih dibutuhkan oleh anak laki-laki daripada anak perempuan.

Kurangnya keterlibatan ayah dalam tumbuh kembang anak juga dapat merefleksikan masalah yang lebih luas di masa depan, terutama pada diri ayah dan pasangannya yaitu ibu. “Bisa jadi perilaku buruk yang dilakukan oleh si bayi merupakan suatu upaya untuk menarik perhatian keduanya,” terang Ramchandani seperti dilansir dari independent, Kamis (19/7/2012)

Sumber: http://bit.ly/Q9VHyE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: