9 Trik Agar Tidak Makan Berlebihan

Leave a comment

Jul 17, 2012 @ 14:32 by tanya gooogle

img

Seringkali tanpa sadar kita mengonsumsi makanan lebih banyak daripada porsi yang seharusnya. Stres, sedih atau kesal merupakan beberapa penyebab orang ingin terus makan dan biasanya makanan yang dikonsumsi tidak sehat seperti keripik kentang, cake atau es krim cokelat.

Jika Anda terbiasa makan dengan porsi berlebihan, maka harus segera dikurangi karena bisa menyebabkan kelebihan berat badan bahkan obesitas yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit serius. Dikutip dari All Women Stalk, berikut ini sembilan trik agar Anda mengonsumsi makanan dengan porsi yang tepat.

1. Makan Teratur
Salah satu cara supaya tidak makan terlalu banyak adalah dengan makan secara teratur atau sediakan menu makanan dalam porsi kecil pada siang hari, seperti buah-buahan atau salad. Hal itu dapat mengurangi kebiasaan Anda ngemil keripik kentang atau mengonsumsi junk food ketika perut mulai lapar.

2. Lakukan Banyak Kegiatan
Untuk menghindari makan yang berlebihan, Anda bisa lakukan banyak kegiatan. Mungkin Anda terbiasa makan dalam porsi besar di siang hari, maka gantikan kebiasaan tersebut dengan melanjutkan pekerjaan atau kegiatan tertentu yang dapat mengalihkan pikiran Anda dari makanan.

3. Banyak Minum
Agar bisa mengurangi rasa lapar, perbanyak minum air putih setiap hari. Dehidrasi dapat membuat tubuh ‘lari’ ke makanan. Jika Anda tetap terhidrasi selama beraktivitas, lapar akan berkurang karena tubuh mendapatkan cairan yang cukup.

4. Buat Rutinitas Baru
Coba lakukan rutinitas yang baru dan berusaha keluar dari kebiasaan hidup tidak sehat. Tidak mudah memang, tapi kalau Anda sabar dan terus menjalaninya secara teratur, Anda akan terbiasa tidak makan terlalu banyak walaupun sedang stres atau hal lain yang bisa mempengaruhi pola makan.

5. Jaga Asupan Makan
Seringkali wanita mengonsumsi makanan berlebihan karena terpengaruh rasa bosan atau suasana hati yang sedang tidak menentu. Hal tersebut dapat membuat Anda tidak memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, tetap jaga asupan yang baik agar tubuh sehat dan tidak ‘melar’.

6. Buat Rencana
Buat rencana atau program untuk mencegah makan yang berlebihan selama beberapa waktu. Setiap ada rencana pasti ada tujuan, tujuan itu bisa membuat Anda tidak terpicu mengonsumsi makanan yang terlalu banyak. Terus melatih diri konsisten dengan proram yang sedang dijalani sekarang. Hal ini dapat mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat.

7. Jauhi Makanan yang Tidak Sehat
Mungkin rekan kerja di samping Anda selalu menyediakan camilan di mejanya sehngga Anda tergoda untuk ikut mengonsumsinya setiap hari. Untuk itu, sebaiknya cari cara supaya pikiran ingin makan atau ngemil teralihkan, seperti menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan lain.

8. Makan Perlahan
Anda bisa memperlambat makan dengan mengunyah makanan secara perlahan supaya cepat merasa kenyang. Jika tempo makan dilambatkan maka pikiran jauh dari keinginan mengonsumsi makanan dalam porsi besar. Selain itu, Anda bisa lebih menikmati makanan yang masuk ke dalam tubuh.

9. Jangan Hilangkan Makanan Favorit dalam Program Diet
Kebanyakan wanita sangat menjaga makanan yang dikonsumsinya ketika sedang diet. Namun, jangan sampai menghilangkan makanan favorit dari dalam menu, tapi lebih baik mengurangi frekuensinya saja. Menghilangkan makanan kesukaan selama diet bisa menyebabkan Anda mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan pada suatu waktu.

 

 

 

Sumber: http://bit.ly/LumbJF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: