Mengapa kita perlu gunakan kawat gigi?

Leave a comment

Jul 16, 2012 @ 9:21 by tanya gooogle

Kawat gigi kini merupakan hal umum dan hampir menjadi bagian dari gaya hidup remaja saat ini, meski banyak orang dewasa juga menggunakan kawat gigi. Untuk lebih memahami mengapa kawat gigi dan alat ortodonti lainnya diperlukan, mari kita berbicara sedikit mengenai perkembangan gigi-geligi terlebih dahulu.

Saat masa kanak-kanak, gigi susu anda akan tanggal satu demi satu dan diganti dengan gigi dewasa yang permanen. Meski gigi dewasa pada sejumlah orang tumbuh pada posisi dan arah yang tepat, akan tetapi banyak juga yang tidak tumbuh pada arah dan posisi yang ideal.

Beberapa gigi dapat tumbuh miring atau berjejal, bahkan terputar. Ada pula sebagian orang yang mulutnya terlalu kecil sehingga giginya tidak mendapat tempat dan terdesak ke posisi tidak beraturan.

Pada beberapa kasus, ukuran rahang atas dan rahang bawah seseorang bisa tidak sama. Bila rahang bawah terlalu kecil, rahang atas terlihat menonjol ke depan saat mulut menutup, menghasilkan kondisi yang disebut overbite. Bila hal sebaliknya terjadi (rahang bawah lebih besar dari rahang atas), ini disebut underbite.

Semua kelainan dengan tipe yang berbeda-beda ini disebut dengan satu istilah yaitu  maloklusi. Kata ini berasal dari bahasa Latin yang berarti ´gigitan yang buruk´. Pada sebagian besar kasus, ´gigitan yang buruk´ ini bukan karena kesalahan seseorang; gigi berjejal, overbite dan underbite seringkali bersifat keturunan, sama seperti mata berwarna coklat atau ukuran kaki besar yang turun temurun.

Pada beberapa kasus, hal-hal seperti penyakit gigi, kehilangan dini gigi susu atau gigi dewasa, masalah kesehatan tertentu, kecelakaan atau kebiasaan seperti menghisap jempol dalam waktu lama dapat juga menyebabkan kelainan tersebut.

Maloklusi dapat menjadi masalah karena mengganggu proses pengunyahan, gigi berjejal yang tidak tersusun dengan benar tidak bekerja sebaik gigi yang rapi. Karena pengunyahan merupakan bagian pertama dari proses makan dan pencernaan, gigi harus dapat melakukan pekerjaannya dengan baik. Gigi yang tidak tersusun dengan benar juga kemungkinan sulit disikat dan dibersihkan, yang dapat mengakibatkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Banyak orang dengan gigi berjejal mungkin merasa rendah diri mengenai penampilan mereka; kawat gigi dapat membantu mereka merasa lebih baik mengenai senyum dan penampilan mereka.

Jika dokter gigi menduga bahwa seseorang membutuhkan kawat gigi atau alat korektif lainnya,ia akan merujuk pasien ke ortodontisOrtodontis adalah dokter gigi yang memiliki pelatihan khusus dalam diagnosis dan perawatan gigi dan rahang yang tidak rapi.

Sebagian besar dokter gigi umum dapat mengetahui bila gigi akan terususun tidak rapi setelah gigi dewasa mulai muncul –kadangkala sejak usia 6 atau  7 tahun- dan ortodontis dapat menyarankan terapi perawatan interseptif (terapi perawatan interseptif melibatkan pemakaian pesawat untuk mempengaruhi pertumbuhan wajah dan membantu gigi tumbuh lebih baik, serta mencegah masalah berkembang menjadi lebih berat). Dalam banyak kasus, pasien tidak akan dirujuk ke ortodontis hingga mendekati masa remaja.

 

 

 

Sumber: http://bit.ly/MbAWAq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: