Daun Jambu Biji Sebagai Deodoran Alami

Leave a comment

Jul 13, 2012 @ 9:16 by tanya gooogle

ilustrasi percaya diri tanpa bau badan

Masyarakat desa Jorok, kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat memiliki kebiasaan menggunakan daun jambu biji sebagai deodoran dengan cara sederhana. Caranya, menumbuk daun biji kemudian ditempelkan kepada ketiak.

Kebiasaan masyarakat ternyata dapat diuji secara ilmiah. Hasilnya, adalah sebuah penelitian ilmiah berjudul “Efektivitas Penggunaan Ekstrak Daun Jambu Biji Terhadap Bakteri Staphylococcus epidermis Sebagai Langkah Pencarian Deodoran Alami”.

Penelitian ilmiah ini dilakukan oleh Hilman Qutdratuddarsi, Fariz Rifai, Hendra Tukantari, dan Ainur Khafid. Empat orang itu adalah mahasiswa Universitas Mataram (Unram), yang mendapatkan hasil daun jambu biji berpotensi sebagai deodoran alami.

Bau badan merupakan kendala saat berinteraksi dengan orang lain, bahkan dapat mempengaruhi keberhasilan seseorang. Bau badan disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan hasil metabolisme bakteri Staphylococcus epidermis, penyebab timbulnya bau badan yang tidak sedap.

“Daun jambu biji mengandung beberapa senyawa aktif seperti tanin, flavonoid, saponin, minyak atsiri dan alkaloid. Daun jambu biji berpotensi sebagai deodoran,”kata Hilman Qutdratuddarsi disela-sela Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 25 yang berlasung di Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakart (UMY), Kamis 12 Juli 2012

Menurut Hilman untuk mengatasi bau badan banyak orang memakai deodoran yang sering mengandung zat kimia berbahaya. “Di dalam deodoran itu terdapat zat anti bakteri, pewangi, dan juga zat aktif bernama anti-perspirant yang bisa menyerap keringat berlebihan, namun deodoran itu memiliki bahan kimia berbahaya bagi tubuh. Sehingga kami meneliti tentang bagaimana caranya agar masyarakat memakai deodoran dari bahan alami tanpa mengeluarkan biaya,” ucapnya.

Mahasiswa program studi Pendidikan Kimia ini menambahkan anti bakteri merupakan anti-mikroba yang digunakan untuk menghambat pertumbuhan bahkan mematikan bakteri. Berbagai anti bakteri tersebut seperti flavonoid, tannin, saponin, minyak atsiri, alkaloid, tri terpenoid dan lain-lain.

“Dari hasil penelitian kami, ternyata daun jambu biji sangat efektif untuk membunuh bakteri sehingga kita meyakini bahwa daun biji sangat  bagus untuk kulit.

 

 

 

Sumber: http://bit.ly/Sfbnzb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: