Cium Kebohongan Lewat Mata, Bisakah?

Leave a comment

Jul 13, 2012 @ 15:29 by tanya gooogle

 

Mata adalah jendela jiwa. Banyak ahli yang percaya bahwa pergerakan bola mata dapat mengungkap tingkat kejujuran. Sejumlah psikolog bahkan sengaja memberi pelatihan sederhana untuk membaca gerakan mata.

Bohong jika seseorang berbicara sembari menggerakkan arah bola mata secara berulang ke atas lalu ke kanan. Dianggap jujur jika bicara dengan gerakan bola mata ke atas lalu ke kiri, seperti dikutip Fox News. 

Akuratkah pemahaman ini?

Studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Public Library of Science ONE mengungkap bahwa pemahaman itu sama sekali tak terbukti secara ilmiah. Pergerakan mata sama sekali tak berhubungan dengan kejujuran atau kebohongan.

Dalam studi tersebut, sejumlah peneliti asal Inggris menguji hubungan gerakan mata dan tingkat kejujuran dengan beragam metode. Salah satu yang mereka lakukan, melacak gerakan mata saat responden berbicara bohong, dan saat berbicara tentang kebenaran.

Dr Watt Caroline, penulis studi dari Universitas Edinburgh, mengatakan, “Sebagian besar masyarakat percaya bahwa gerakan mata tertentu adalah tanda berbohong, bahkan diajarkan dalam kursus pelatihan organisasi, namun studi kami tidak mendukung gagasan. Sudah waktunya meninggalkan pendekatan ini untuk mendeteksi kebohongan.”

 

 

 

Sumber: http://bit.ly/LkehCD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: