Stress Karena Macet, Lakukan ini

Leave a comment

Jul 12, 2012 @ 2:10 by tanya gooogle

Stress, menjadi trend baru dalam masyarakat jaman ini. Mau tidak mau ini bahkan menjadi bagian hidup. Setiap kali stress, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol. Detak jantung lebih cepat dan aliran darah meningkat. Ini biasanya yang menjadi identifikasi. Jika kita membiarkan ini terus-menerus, Anda akan merasa mudah lelah.

Bagaimana menghalaunya? Latihan pernapasan. Ini cara sederhana agar Anda dapat mengendalikan stress tersebut. Pernapasan yang mendalam dan lambat, memiliki efek dasyat pada tubuh. Kemampuan untuk mengendurkan otot untuk mencapai kondisi “damai”.

Ketika kita terhimpit stress, tubuh secara otomatis akan memberi perlawanan, atau pada fase siaga. Pernapasan yang lambat akan mengatasi semuanya dengan menurunkan detak jantung untuk mengurangi kepanikan intens. Ini seperti relaksasi saat Anda menghadapi kemacetan di jalan.

Bernapas lebih dalam tidak hanya melibatkan paru-paru, tapi juga perut. Caranya, duduk dengan nyaman dengan punggung tegak, dan mulai menempatkan satu tangan di dada, dan satu lagi di perut. Tarik napas perlahan dan lembut melalui hidung.

Tahan napas sebentar sebelum menghembuskan melalui hidung dan mulut. Ini cara terbaik agar asupan oksigen dalam tubuh menjadi maksimal. Hasilnya adalah menghilangkan stress dengan cara instan. Oksigen yang masuk akan bekerja menempatkan Anda dalam keadaan yang santai.

Cara lain untuk menghalau stress saat macet adalah dengan menggunakan aromaterapi. Pilih aromaterapi lavender, geranium, chamomile, clary sage, atau rosemary. Aromanya dalat membantu anda  untuk mengurangi ketegangan sekaligus meningkatkan konsentrasi Anda.

Anda juga bisa memutar lagu-lagu klasik atau jazz. Alunan misik ini akan mengirimkan sinyal sebagai stimulasi otak yang akan menghilangkan kelelahan mental. Anda cukup mendengarkannya 15 hingga 30 menit untuk menyegarkan otak kembali.

Untuk sementara, singkirkan sejenak smartphone Anda. Terutama fitur email yang hanya akan menambah tekanan pikiran.

Sumber: http://bit.ly/LQjG0R

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: