Stres di Masa Kecil Bisa Sebabkan Kanker Kulit Saat Dewasa?

Leave a comment

Jul 12, 2012 @ 6:43 by tanya gooogle

img

Bisakah hal yang Anda alami dan rasakan saat masih kecil dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh serta kemampuan melawan kanker ketika dewasa? Menurut peneliti, bisa!

Ada anggapan yang mengatakan bahwa anak-anak seperti spons, karena mereka dapat menyerap apa saja yang terjadi di lingkungannya. Dan tampaknya, hal itu benar adanya.

Menurut penelitian, anak yang mengalami perlakuan buruk, seperti ditelantarkan, diketahui mengalami penurunan kekebalan tubuh ketika dewasa. Dalam sebuah laporan, tubuh mereka mengalami kesulitan melawan kanker kulit.

Para ilmuwan di The Ohio State University Wexner Medical Center menerbitkan hasil penelitiannya dalam Archives of General Psychiatry. Penelitian tersebut fokus pada basal cell carcinoma (BCC), bentuk yang cukup jinak dari kanker kulit dan salah satu yang paling umum.

Tumor sel basal seringkali berhasil dikalahkan oleh sistem imum dalam tubuh seseorang. Namun penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengalami stres pada awal kehidupannya mengalami penurunan respon kekebalan tubuh terhadap jenis kanker.

“Ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa pengalaman pertama orang tua bermasalah dan dikombinasikan denganperistiwa hidup yang tidak menyenangkan, memprediksi respon imun lokal untuk tumor BCC,” tulis Christopher Fagundes, seorang penulis penelitian dan doktor di university’s Institute for Behavioral Medicine Research (IBMR).

Ron Glaser, seorang peneliti dan direktur IBMR, mencatat bahwa kanker imunogenik lain juga bisa terpengaruh. “Jika turun secara teratur, itu akan mempengaruhi kemampuan seseorang untuk menangani tumor itu,”jelasnya.

Glaser menemukan contoh lain dari tumor imungenik adalah, kanker ovariun, kanker kepala dan leher serta melanoma. Penelitian tersebut didukung oleh National Cancer Institute dan American Cancer Society.

 

 

 

Sumber: http://bit.ly/NjfzgI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: