Ini Camilan yang Bisa Memaksimalkan Hasil Olahraga Anda

Leave a comment

Jul 10, 2012 @ 6:59 by tanya gooogle

img

Makanan adalah sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berolahraga secara teratur tidak akan membuat tubuh Anda sehat bila tidak diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi.

Tidak hanya sarapan, makan siang dan makan malam saja yang dibutuhkan oleh tubuh. Kudapan atau snack pun tetap harus dikonsumsi untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat. Perlu diketahui bahwa makanan ringan yang dikonsumsi sebelum dan sesudah berolahraga dapat membantu menurunkan berat badan, namun pilihlah makanan ringan yang bergizi dan konsumsi di waktu yang tepat.

Berikut ini adalah camilan bernutrisi tinggi yang dapat Anda konsumsi untuk memaksimalkan hasil olahraga, dilansir dari Health Me Up.

Karbohidrat
Mengonsumsi karbohidrat sebelum latihan akan memaksimalkan hasil olahraga Anda. Energi yang bersumber dari karbohidrat akan membantu otot berkontraksi dengan mudah dan tidak membuat Anda merasa lapar setelah selesai berolahraga. Secara teknis ada tiga alasan mengapa karbohidrat diperlukan; untuk mengurangi deplesi glikogen otot, mengurangi kerusakan protein pada otot dan mengurangi tingginya hormon kortisol dalam tubuh.

Snack Sebelum Berolahraga
Satu porsi buah segar dapat menjadi pilihan Anda sebelum memulai berolahraga. Pasta gandum atau sereal dengan karbohidrat rendah juga bisa Anda konsumsi, dan akan menjadi lengkap apabila Anda juga menyantap dua butir telur rebus setiap harinya. Apabila ingin selalu menjaga daya tahan tubuh sebaiknya konsumsi lemak dan karbohidrat dengan jumlah yang tepat. Lemak dan karbohidrat sehat terdapat di pisang, almond dan kenari.

Anda juga bisa memakan dua potong roti gandum yang dioles dua sendok selai kacang. Camilan ini kaya nutrisi dan protein yang akan membantu memaksimalkan hasil olahraga Anda.

Snack Setelah Berolahraga
Setelah berolahraga tubuh memerlukan makanan yang menjadi sumber nutrisi dan energi untuk memulihkan otot. Dalam 30 menit setelah berolahraga disarankan untuk mengonsumsi kudapan yang kaya protein untuk mempercepat proses pemulihan. Secara ilmiah ada beberapa alasan mengapa makanan dibutuhkan setelah berolahraga, yaitu: mengganti glikogen, mengurangi rusaknya protein pada otot, meningkatkan sistesis protein pada otot, mengurangi nyeri otot dan mengurangi meningkatnya kortisol dalam tubuh.

Pecinta kebugaraan biasanya mengonsumsi ayam, susu, kedelai, kacang-kacangn dan biji-bijian untuk meningkatkan protein dalam tubuh setelah berolahraga. Jika cukup sulit untuk mencari biji-bijian dapat diganti dengan kacang panggang tanpa garam, yoghurt dan buah yang diblender hingga halus.

 

 

Sumber: http://bit.ly/PEXSdo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: