Tiga Makanan Pemicu Keriput

Leave a comment

Jun 29, 2012 @ 7:04 by tanya gooogle

Keriput adalah salah satu hal yang ingin dihindari setiap orang, demi sebuah penampilan awet muda. Berbagai cara ditempuh guna menghilangkan kulit-kulit yang mulai mengendur ini. Sebagian orang berusaha untuk tetap mengencangkan kulit dengan cara berolahrga, dan aneka produk perawatan kulit.

Selain karena faktor penuaan ada penyebab lain yang menyebabkan keriput, antara lain asupan makanan. Tanpa disadari, mengonsumsi makanan tertentu secara teratur dapat menyebabkan keriput.

Tak hanya masalah kulit, tapi juga peradangan dan kerusakan sel yang mengurangi kolagen dan elastin kulit. Simak alasan berikut mengapa Anda harus menghindari memakan makanan ini, seperti dilansir dari shiwus.com.

1. Makanan Manis

Orang yang secara teratur mengonsumi makanan dengan kadar gula tinggi, seperti kue, ice cream, permen, coklat, dan makanan jenis lainnya, dapat memicu penuaan dini atau keriput serta kulit kusam. Banyak gula yang Anda makan, akan lebih banyak pula molekul pembunuh kolagen dan elastin yang diproduksi oleh tubuh Anda. Setelah serat tersebut rusak, mereka akan menjadi kering dan rapuh, menyebabkan keriput dan kulit menjadi kendur.

Tak hanya itu, konsumsi gula terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan peradangan di seluruh tubuh, terutama pada bagian kulit. Oleh karena itu cobalah untuk membatasi asupan makanan yang tinggi gula.

2. Makanan olahan

Kulit keriput juga disebabkan karena terlalu sering mengonsumsi makanan olahan. Makanan olahan dapat mengurangi produksi kolagen, melepaskan zat gizi seperti antioksidan, omega 3 dan nutrisi. Hal ini dapat memunculkan keriput lebih cepat.

Padahal seperti diketahui, zat gizi seperti antioksidan dapat melindungi diri dari sel sel akibat radikal bebas. Oleh karena itu agar kulit Anda senantisa kencang, cobalah mengkonsumsi makanan yang kaya akan akan antioksidan dalam teh hijau, omega 3 seperti kacang kenari, dan sumber biotin untuk mencegah kulit kering misalnya alpukat.

3. Alkohol

Inflamasi atau peradangan pada kulit dapat terjadi jika Anda mengkonsumsi alkohol dengan berlebihan dan rutin. Dalam alkohol terdapat bahan kimia beracun seperti aldehida dan keton yang dapat merangsang dan merusak sel-sel bawah kulit.

Jika sel kulit terus meradang secara terus-menerus maka akan mempercepat penuaan atau keriput dan masalah kulit lainnya. Di samping itu, alkohol juga dapat menyebabkan tubuh terdehidrasi dan kebocoran kapiler yang dapat menyebabkan peradangan.

 

 

Sumber: http://bit.ly/OGUG1N

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: