Hindari Kebisingan Lalu Lintas Demi Jantung

Leave a comment

Jun 28, 2012 @ 6:47 by tanya gooogle

Kebisingan lalu lintas sering kali menjadi ujian bagi sebagian penduduk di kota-kota besar. Tidak jarang masalah ini berujung pada stres, walaupun dalam tingkat yang masih mudah dikendalikan. Semakin padat lalu lintas, semakin besar risiko serangan jantung yang akan menghampiri, terlebih bagi mereka yang tinggal di daerah rawan kebisingan dan kemacetan. Demikian hasil studi di Denmark.

Penelitian yang dilakukan selama 10 tahun pada 50.000 responden menemukan bahwa untuk setiap 40 desibel kebisingan lalu lintas di jalan, risiko serangan jantung bertambah meningkat hingga 12 persen.

“Kami pikir kebisingan lalu lintas terutama pada malam hari sangat berbahaya karena mengganggu waktu tidur. Namun paparan kebisingan yang tinggi juga bisa terjadi kapan saja. Hal ini akan meningkatkan konsentrasi hormon stres dalam tubuh, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung,” jelas Mette Sorenson, pemimpin penelitian di  Danish Cancer Society. 

Sorenson dan timnya menemukan adanya keterkaitan antara serangan jantung dan jalan raya, juga perhitungan tingkat polusi udara. Mereka memperkirakan bahwa 4 persen dari seluruh kasus serangan jantung di Denmark, disebabkan oleh masalah ini, demikian dituliskan pada jurnal PLoS ONE.

Ia menyarankan, agar Anda memilih rumah tinggal yang jauh dari kebisingan agar dapat beristirahat dengan baik. Ini juga untuk menghindari bahaya polusi udara, yang nyatanya masih banyak dari kita menganggap sepele hal tersebut.

“Anda mungkin mengira bahwa sudah mendapatkan tidur yang baik, tetapi ketika melihat hasil tes pada laboratorium, Anda akan melihat jika tahapan tidur Anda sangat terganggu,” tambahnya.

Pada penelitian ini, para responden diminta untuk mengisi data tempat tinggal dan apakah mereka pernah mengalami serangan jantung atau tidak, juga informasi lain termasuk pola diet dan aktivitas mereka. Peneliti juga mempertimbangkan faktor lain yang mempengaruhi risiko jantung lainnya seperti, jenis kelamin, kebiasaan merokok, asupan buah dan sayur, dan indeks massa tubuh.

Sebuah penelitian lain juga menunjukkan jika paparan kebisingan yang tinggi memang meningkatkan tekanan darah.

Polusi udara dan kebisingan cenderung lebih tinggi di kota-kota besar, tetapi Serenson menekankan bahwa kemungkinan untuk hidup yang lebih tenang masih bisa diatasi dengan tinggal sedikit menjauh dari kota dan terutama jalan raya.

Beruntung bagi Anda yang tinggal jauh dari jalan raya.

Sumber: http://bit.ly/N5ttyb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: